Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 20 Jul 2022 11:08 WIB

TRAVEL NEWS

COVID Melonjak, Sandiaga Tak Ubah Target Wisatawan

Doni Wahyudi
detikTravel
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan berlangsung pada November 2022 di Bali sudah sesuai rencana atau on the track.
Sandiaga Uno Foto: Kemenparekraf
Samosir -

Kasus COVID-19 di Indonesia belakangan ini kembali melonjak. Namun meski demikian tidak ada perubahan target untuk kunjungan wisatawan baik itu mancanegara maupun domestik.

Hal itu ditegaskan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di sela-sela peluncuran Toyota Smart EV Mobility di Danau Toba, Samosir, Sumatera Utara, Selasa (19/7/2022).

"Saya sangat optimistis apalagi penanganan pandemi semakin terkendali kita akan gencarkan booster sebagai syarat bepergian, sekarang masih di 25 persen akan kita tingkatkan lagi di destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif. Harapannya bisa membuka lapangan pekerjaan 1,1 juta di tahun ini dan 4,4 juta di tahun 2024," ujar Sandiaga.

Pemerintah dan DPR sebelumnya menyepakati target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 1,8 juta sampai 3 juta tahun ini dengan kenaikan devisa dari 500 juta sampai 1,5 miliar dolar. Sementara pergerakan wisatawan nusantara ditargetkan sebanyak 550 juta.

"Kami optimistis bisa capai target yang disepakati bersama. Kami optimistis penuh harapan tentunya. Kita banyak berdoa kepada Tuhan YME, Allah SWT, agar kita semua bisa mengendalikan pandemi dan kepatuhan prokes kita prioritaskan sehingga momentum kebangkitan pariwisata terjaga," ujarnya.

Kebangkitan pariwisata itu bisa terlihat di Bali yang selama semester pertama tahun 2022 kunjungannya melonjak 5 kali lipat, begitu juga dengan kunjungan turis di Danau Toba, Sumut yang kian meningkat.

"Kita berharap kunjungan ini meningkat dan geliat ekonomi di Danau Toba khususnya Samosir bisa terealisasikan," ujar Sandiaga.

Simak Video: Sandiaga Uno Harap Penataan Candi Borobudur Bisa Tarik 20 Juta Wisatawan

[Gambas:Video 20detik]



(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA