Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 20 Jul 2022 12:06 WIB

TRAVEL NEWS

Aneka Hotel dan Glamping Akan Dibangun di Danau Toba

Doni Wahyudi
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno dalam peresmian Toyota EV Smart Mobility Project di Pantai Batu Hoda, Kabupaten Samosir, Selasa (19/2/2022),
Sandiaga Uno di Danau Toba (Foto: Doni Wahyudi)
Samosir -

Danau Toba merupakan salah satu destinasi super prioritas yang tengah digenjot pembangunan infrastrukturnya. Di lokasi wisata kebanggaan Sumatra Utara ini bakal dibangun lebih banyak hotel dan glamping.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, di sela-sela peluncuran Toyota EV Smart Mobility Project di Pantai Batu Hoda, Kabupaten Samosir, Selasa (19/2/2022).

Sandiaga mengatakan kunjungan wisatawan ke Danau Toba semakin meningkat, karena itu berbagai sarana pendukung seperti akomodasi terus dibangun. Danau Toba sendiri saat ini tengah menjadi tuan rumah perhelatan W20, yang diharapkan menjadi angin segar bagi para pelaku bisnis pariwisata di Danau Toba.

"Ini dari mancanegara, Eropa, Amerika, Afrika, Timur Tengah, semua hadir di Danau Toba, memuji keindahan alam dari Danau Toba dan keragaman budaya dan produk ekonomi kreatif. Ini perlu kita syukuri dan kapitalisasi agar memberikan kesejahteraan. Kami menargetkan investasi di berbagai sektor, dari pertama akomodasi Danau Toba, ada komitmen, kami mencatat dari Artotel, dan Dafam hotel serta Eiger untuk membangun glamping," ujar Sandiaga.

Selain akomodasi, pemerintah juga berkoordinasi dengan maskapai penerbangan untuk menambah jadwal dan rute penerbangan ke Bandara Silangit. AirAsia, Lion Air, dan Batik Air sedang dalam tahap penambahan penerbangan dari dan tujuan Danau Toba.

"Pembangunan destinasi superprioritas terus kita tingkatkan dengan terobosan seperti komitmen penerbangan langsung dari beberapa maskapai seperti AirAsia yang berkomitmen untuk menambah penerbangan dari medan ke Silangit dan juga dari beberapa maskapai menyampaikan akan menambah penerbangan," ujar Sandiaga.

Tak hanya itu, Sandiaga juga memastikan agar akomodasi penginapan akan ditingkatkan kualitasnya agar turis lokal maupun asing dapat menginap dengan nyaman. Terlebih Sandiaga juga menargetkan perhelatan Internasional F1 H20 yang direncanakan terlaksana tahun depan.

"Pembangunan dari beberapa akomodasi seperti hotel akan terus kita tingkatkan. Kita ingin agar segera tahun depan event F1 H20 menjadi event yang berskala internasional yang juga akan menarik wisatawan dan menciptakan lapangan pekerjaan dan khususnya kebangkitan ekonomi di danau Toba dan sekitarannya," pungkasnya.

Dihubungi terpisah Direktur Komunikasi Pemasaran Artotel Group, Yulia Maria mengonfirmasi pernyataan Sandiaga. Artotel akan membangun dan mengelola hotel di sekitar Danau Toba. Untuk detail lokasinya masih dibahas di internal Artotel. "Kami masih terus godok, masih survey tempat dulu," ujarnya.



Simak Video "Pulau Samosir, Pesona Pemandangan Indah di Tengah Danau Toba, Sumatera Utara"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA