Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 27 Jul 2022 22:45 WIB

TRAVEL NEWS

Bocah Korut Jadi Vlogger, Ajak Turis Main ke Sana

bonauli
detikTravel
Song A, vlogger cilik asal Korea Utara
Song A, youtuber cilik Korea Utara (dok. YouTube Sary Voline [송아 SongA Vlog])
Pyongyang -

Korea Utara kembali membuat gempar dunia dengan sebuah vlog dari bocah cilik. Bocah bernama Song A tersebut memamerkan kehidupan bahagianya hidup di Korut.

Song A mengunggah video kehidupan sehari-hari di Youtube pada tiga bulan lalu. Menggunakan bahasa Inggris beraksen British, video Song A membuat warga Korea Selatan ketar-ketir.

Kanal Youtube-nya bernama Sary Voline. Song A memperkenalkan diri sebagai sebagai siswi kelas 5 SD yang tinggal di Pyongyang, Ibu Kota Korea Utara. Ia mengatakan bahwa ibunya mengajarkan bahasa Inggris sejak kecil.

Videonya pun mirip dengan video-video liburan pada umumnya. Song A memamerkan aktivitasnya di water park sampai jajan es serut dekat sekolahnya.

"Kalau kamu datang ke Pyongyang, kabari saya. Nanti akan saya ajak ke gerai es serut terbaik di negara saya," ujarnya.

Song A, vlogger cilik asal Korea UtaraSong A, vlogger cilik asal Korea Utara Foto: dok. YouTube Sary Voline [송아 SongA Vlog]

Song A juga mengatakan bahwa penonton akan terkejut jika berkunjung ke Pyongyang yang dipenuhi taman hiburan.

Hingga kini, gadis cilik asal Korea Utara itu telah mengunggah lima video yang memperlihatkan kehidupan mewahnya. Ia merekam sejumlah fasilitas seperti rumah sakit, taman hiburan, dan apartemennya.

Song A bahkan menampilkan wajah nenek dan sahabatnya Song Ryong di sekolah.

Song A, vlogger cilik asal Korea UtaraSong A, vlogger cilik asal Korea Utara Foto: dok. YouTube Sary Voline [송아 SongA Vlog]

Namun warga Korea Selatan mengatakan bahwa Song A hanyalah alat propaganda dari Korea Utara. Alasan utama Korea Utara untuk mempromosikan YouTuber cilik itu diketahui sebagai cara untuk menghindari kebijakan internal Google.

YouTube sebelumnya menutup sejumlah saluran yang dijalankan oleh Korea Utara seperti "DPRK Today" dan "Red Star TV," dengan alasan mereka menyebarkan sistem politik Korea Utara dengan konten agresif dalam video mereka.

Tae Yong-ho, dari Partai Kekuatan Rakyat (PPP) yang berkuasa, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan NK News bahwa Song-A adalah putri seorang diplomat Korea Utara yang pernah berbasis di London.

Tae, yang juga mantan diplomat Korea Utara di London, mengatakan dia bekerja dengan ayah YouTuber cilik itu. Menurutnya, aksen Inggris Song-A adalah karena ia tinggal di Inggris.



Simak Video "Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik Setelah Kapal Induk AS Tiba di Korea Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA