Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 28 Jul 2022 18:41 WIB

TRAVEL NEWS

Upaya Pulihkan Pariwisata, Sleman Adakan Tour de Prambanan

Antara
detikTravel
Etape pertama Tour de Indonesia 2018 digelar dengan mengambil start di Candi Prambanan dan finish di Kantor Bupati Ngawi. Warga terlihat antusias menyaksikan balapan tersebut.
Ilustrasi perlombaan sepeda seperti Tour de Prambanan. (Rengga Sancaya/detikcom)
Sleman -

Tour de Prambanan sepanjang 128 km akan kembali diadakan di Sleman. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi di DIY.

Badan Promosi Pariwisata Sleman (BPPS) akan mengadakan kegiatan bertajuk "Tour de Prambanan 128KM, 2022" (TdP). Kegiatan ini akan digelar pada 30 Juli 2022. Sebagai salah satu cara untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pasca pandemi.

"Event 'Tour de Prambanan 128KM, 2022' (TdP) ini menjadi agenda untuk menangkap geliat pecinta olahraga sepeda terutama jenis sepeda balap untuk mendukung upaya pemerintah dalam untuk memulihkan dunia pariwisata dan ekonomi di DIY pasca pandemi," kata Koordinator Humas "Tour de Prambanan 128KM, 2022" Kus Endarto di Sleman, Kamis (28/7/2022) seperti dikutip dari Antara.

Tour de Prambanan merupakan gelaran tahunan yang sempat terhenti akibat pandemi. Tahun ini merupakan penyelenggaraannya yang keempat.

Kegiatan olahraga ini diselenggarakan oleh Pemda Kabupaten Sleman yang diwakili oleh BPPS, bekerja sama dengan Ganefo Olympic Center (GOC), dan Pengurus Daerah ISSI DIY.

Tour de Prambanan 2022 mengusung tema 'Jogja Bisa!'. Sebagai salah satu bagian dari rangkaian Road to PORDA XVI dan PEPARDA III DIY yang akan digelar pada 1-9 September 2022 di Sleman.

Selain menjadi bagian dari acara tersebut, ada yang berbeda dari gelaran TdP keempat ini. Jika pada gelaran ketiganya Tdp menempuh jarak sejauh 15 km, maka kini jarak tersebut dinaikkan menjadi 128 km.

"Untuk penyelenggaraan kali keempat ini, event TdP melakukan perubahan jarak tempuh sejauh 128 kilometer (km), setelah di event pertama dan kedua memiliki jarak tempuh 100 km serta di event ketiga sejauh 115 km," kata Kus.

Tidak hanya itu, pada tahun-tahun sebelumnya Tdp diadakan pada hari Minggu. Namun, di tahun ini Tdp diadakan di hari Sabtu.

Hal ini sengaja dilakukan untuk menambah masa tinggal para pengunjung yang terlibat dalam TdP. Sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat setempat serta memudahkan para peserta yang berasal dari luar kota.

"Kali ini, TdP akan dilaksanakan pada hari Sabtu dengan harapan mampu mendorong Length of Stay (masa tinggal) kunjungan wisatawan, mengingat animo peserta TdP terbanyak dari luar kota," katanya.

Kemudian gelaran Tour de Prambanan tahun ini juga tidak hanya menyusuri Sleman. Rute tahun ini akan mengajak peserta berkeliling dari Kabupaten Bantul hingga Kulon Progo. Sehingga mereka dapat menikmati keindahan tiga kabupaten di DIY.

Tahun ini, TdP akan diikuti oleh 1.270 peserta yang berhasil mendaftar. Selain dari jumlah ini masih ada lebih dari seribu orang yang menjadi waiting list karena tidak kebagian kuota.



Simak Video "Jogja yang Masih Sepi dari Turis Asing"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA