Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 01 Agu 2022 20:16 WIB

TRAVEL NEWS

UNWTO: Pariwisata Global Tunjukkan Tanda Kebangkitan, Eropa Naik 350%

Yasmin Nurfadila
detikTravel
St Maarten, Netherlands - February 13, 2016: beach observe low flying airplanes landing near Maho Beach on island of St Maarten in the Caribbean
Kawasan St. Maarten. Foto: (iStock)
Madrid -

Meski pandemi belum benar-benar berakhir, namun industri pariwisata secara global terus mengalami peningkatan signifikan.

Berdasarkan data dari Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO), dalam lima bulan pertama 2022 pariwisata dunia mengalami pemulihan kuat. Tercatat hampir 250 juta perjalanan internasional terjadi pada periode ini.

Sementara pada lima bulan pertama 2021, hanya terdapat 77 juta perjalanan internasional. Hal ini menunjukkan bahwa sektor pariwisata telah mengalami kebangkitan 46% dari level pariwisata sebelum pandemi di 2019.

"Pemulihan pariwisata telah meningkat pesat di banyak bagian dunia, mengalahkan berbagai tantangan yang menghadang," kata Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili.

Meski begitu, Sekjen UNWTO ini juga tetap mengingatkan seluruh masyarakat dunia agar mewaspadai pergolakan geopolitik dan ekonomi yang akan muncul di masa mendatang.

Kebangkitan wisata dalam skala region

Dikutip dari UNWTO, dari sisi pemulihan pariwisata Eropa dan Amerika memimpin. Eropa mengalami peningkatan sebesar 350% dalam jumlah kedatangan internasional dibandingkan dengan lima bulan pertama pada 2021. Sementara Amerika mengalami kenaikan hingga 112% dibanding 2021.

Eropa mengalami kenaikan paling signifikan karena didorong oleh permintaan perjalanan regional yang tinggi serta penghapusan larangan bepergian di banyak negaranya. Peningkatan paling tinggi di Eropa dirasakan pada bulan April yaitu sebesar 458%. Menggambarkan keramaian masyarakat merayakan libur Paskah.

Meski mengalami kenaikan signifikan dibanding 2021, namun jika dibandingkan tahun 2019 jumlah ini masih sedikit. Untuk lima bulan pertama, jumlah ini masih 36% dan 40% di bawah level perjalanan di 2019.

Namun mengingat berbagai tantangan yang dihadapi dunia di tahun 2022, kebangkitan pariwisata ini tetap menjadi suatu hal luar biasa yang dinantikan banyak orang. Tidak hanya Eropa dan Amerika, bagian dunia yang lain juga mengalami tren yang sama.

Kawasan Timur Tengah mengalami kenaikan 157% dan Afrika 156% dibandingkan 2021. Jumlah ini 54% dan 50% di bawah tahun 2019.

Sementara itu, Asia Pasifik mengalami kenaikan sebesar 94% dibanding 2021. Jumlah ini masih 90% di bawah level pra pandemi di tahun 2019. Peningkatan di kawasan ini cenderung lebih rendah karena masih banyak wilayahnya yang menutup border untuk wisata.

Kebangkitan wisata di subregion

Jika melihat dari cakupan yang lebih sempit, beberapa subregion telah hampir sepenuhnya pulih dan mencapai level sebelum pandemi. Seperti kawasan Karibia dan Amerika Tengah, kemudian Mediterania Selatan, serta Eropa Barat dan Utara, mereka telah mencapai 70 hingga 80% level pariwisata sebelum pandemi.

Pariwisata di beberapa wilayah atau negara bahkan ada yang sudah melewati angka sebelum pandemi. Wilayah tersebut di antaranya yaitu Kepulauan Virgin AS, St. Maarten, Republik Moldova, Albania, Puerto Rico, dan Honduras.



Simak Video "Indonesia Ajukan Diri Jadi Dewan Eksekutif Organisasi Pariwisata Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA