Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 05 Agu 2022 19:08 WIB

TRAVEL NEWS

Pendaki Harap Waspada! Gunung Rinjani Sedang Bergejolak Level II

Pendaki berada di Segara Anak Gunung Rinjani, Lombok, NTB.
Pendaki berada di Segara Anak Gunung Rinjani, Lombok, NTB. (Foto: Ahmad Viqi/detikBali )
Lombok Timur -

Para pendaki gunung diharap waspada karena anak Gunung Rinjani (Gunung Barujari) saat ini sedang bergejolak. Aktivitas berkemah dalam radius 1,5 kilometer dari kawah Gunung Barujari dilarang!

Berdasarkan Surat Nomor 393.Lap/Gl.05/BGL/2022 dari Badan Geologi Kementerian Sumber Daya Mineral tertanggal 4 Agustus 2022 Perihal Evaluasi Aktivitas Gunung Rinjani, disebutkan status gunung tersebut berada pada Level II alias Waspada.

"Dari hasil evaluasi Badan Geologi Kementerian Sumber Daya Mineral, tingkat aktivitas Gunung Rinjani Periode 16-31 Juli 2022, dihimbau kepada masyarakat/pendaki/pengunjung /wisatawan agar tidak melakukan aktivitas/berkemah di dalam area tubuh Gunung Barujari di dalam radius 1,5 Km dari kawah Gunung Barujari," demikian pernyataan dari pihak Balai Taman Nasional Gunung Rinjani melalui akun Instagramnya, Jumat (5/8/2022).

Pihak Balai Taman Nasional Gunung Rinjani juga menghimbau agar masyarakat/pendaki/pengunjung /wisatawan yang beraktivitas di luar radius 1,5 Km dari kawah Gunung Barujari, diharapkan untuk selalu menyiapkan masker, penutup hidung dan mulut serta pelindung mata. Danau Segara Anak menurut Balai Taman Nasional Gunung Rinjani masih aman karena jaraknya ada pada radius lebih dari 1,5 km dari kawah Gunung Barujari.

Alat-alat kesehatan itu sangat penting untuk dipakai agar traveler terhindar dari infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan iritasi mata jika terjadi letusan abu dari gunung tersebut.

[Gambas:Instagram]



"Jika terjadi keadaan yang tidak diinginkan diharapkan untuk menghubungi hotline number TNGR atau petugas di pintu pendakian terdekat," lanjut pihak Balai TN Gunung Rinjani.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid Praya Lombok Tengah menyatakan suhu di Gunung Rinjani saat ini sedang dingin-dinginnya.

Fenomena suhu dingin itu akan terasa lebih dingin dari normalnya ketika berada di atas gunung. Hal itu disebabkan dari penurunan suhu ketika berada di atas ketinggian.

Masyarakat dan wisatawan dihimbau untuk mengenakan jaket tebal dan aneka perlengkapan penghangat badan lainnya agar tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti hipotermia



Simak Video "Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok, Banyak Jalan Pintas Seru"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA