Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 08 Agu 2022 07:55 WIB

TRAVEL NEWS

Pantas Puncak Macet di Weekend, Jumlah Wisatawan ke Cianjur Naik Terus

Femi Diah
detikTravel
Bunga sakura mekar di Kebun Raya Cibodas
Taman Cibodas (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Jakarta -

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Cianjur, Jawa Barat, mencatat peningkatan angka kunjungan ke sejumlah objek wisata bernuansa alam di wilayah selatan dan utara Cianjur. Jumlahnya, mencapai 50 ribu wisatawan setiap akhir pekan.

Kepala Disparpora dan pengelola obyek wisata Cianjur, Pratama Nugraha di Cianjur, Minggu, mengatakan peningkatan angka kunjungan wisatawan asal Jabodetabek mendominasi di sejumlah obyek wisata seperti Kebun Raya Cibodas, Savilage, Taman Bunga Nusantara dan bumi perkemahan di wilayah utara.

"Untuk wilayah selatan Cianjur, Pantai Cemara, Jayanti, Ocean View Karangpotong dan air terjun di beberapa kecamatan seperti Curug Luhur, Curug Citambur, Curug Ngebul dan Curug Cikondang. Peningkatan sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir terutama di akhir pekan," kata Pratama seperti dikutip dari Antara, Senin (8/8/2022).

Peningkatan angka kunjungan sudah terjadi sejak satu bulan terakhir terutama setelah adanya sosialisasi, melalui sejumlah kegiatan seperti pameran dan promosi tempat wisata, diikuti dengan produk unggulan UMKM Cianjur yang digelar serentak dalam rangka HUT Cianjur ke 345 tahun.

Untuk meningkatkan angka kunjungan, pemerintah daerah juga menggencarkan pembangunan infrastruktur jalan menuju tempat wisata dengan target 1.000 kilometer jalan beton mulai dari wilayah utara hingga selatan, yang terintegrasi dengan perbaikan jalan provinsi.

"Sebelumnya angka kunjungan tertinggi setiap akhir pekan dari seluruh destinasi wisata berkisar antara 20 ribu sampai 25 ribu wisatawan, namun sepanjang bulan Juli jumlahnya meningkat hingga 50 ribu setiap akhir pekan," kata Pratama.

Pengelola area perkemahan Taman Cibodas, Deden Ipey, mengatakan kunjungan wisatawan meningkat setiap akhir pekan dan hari biasa sudah terjadi sejak satu bulan terakhir, hitungan per minggu bisa mencapai 2.000 orang yang menikmati liburan di dalam tenda yang berdiri di samping sungai.

"Wisata alam seperti area berkemah banyak digandrungi wisatawan sejak pandemi mulai berkurang, termasuk suasana air terjun. Selama satu pekan ini, kami banyak mendapat pesanan dari grup wisatawan asal Jabodetabek," katanya.



Simak Video "Malam Minggu, Arus Lalin Jalur Puncak Ramai Lancar"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA