Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 09 Agu 2022 10:45 WIB

TRAVEL NEWS

Info Penting! 5 Puncak Terlarang untuk Kibarkan Merah Putih

tim detikJateng
detikTravel
Puncak Gunung Rinjani Lombok dari Bukit Pergasingan Sembalun Lombok Timur, NTB.
Puncak Gunung Rinjani ( Ahmad Viqi/detik Bali)
Jakarta -

Para pendaki yang berencana naik gunung di momen HUT RI nanti harus tahu bahwa 5 puncak ini terlarang untuk mendaki. Tolong diperhatikan ya!

Info pendakian 17 Agustus 2022 yang sedang tren saat ini ialah soal belum dibukanya Gunung Semeru untuk pendakian. Sebab, gunung tertinggi di Pulau Jawa itu masih berstatus Siaga (level III). Ada sejumlah gunung api di Indonesia yang puncaknya masih terlarang untuk mengibarkan bendera merah putih pada momen perayaan HUT ke-77 RI, berikut 5 gunung di antaranya.

Dikutip dari laman resmi Magma Indonesia, magma.esdm.go.id, berikut info pendakian 17 Agustus tentang 5 gunung api terkenal yang masih berstatus Siaga (level III) dan Waspada (level II).

1. Gunung Semeru (Siaga atau Level III)

Gunung Semeru erupsi lagiGunung Semeru erupsi lagi Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikJatim

Gunung Semeru berada di wilayah Lumajang dan Malang, Jawa Timur. Info pendakian 17 Agustus yang pertama ialah 3 rekomendasi dari Magma Indonesia berkaitan dengan aktivitas Gunung Semeru terakhir pada Senin (8/8/2022) pukul 00.00-06.00 WIB.

- Tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi). Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

- Tidak beraktivitas dalam radius 5 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

- Mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

2. Gunung Raung (Waspada atau Level II)

Gunung Raung berada di wilayah Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember, Jawa Timur. Info pendakian 17 Agustus yang kedua ialah 1 rekomendasi dari Magma Indonesia berkaitan dengan aktivitas Gunung Raung terakhir pada Minggu (7/8/2022) pukul 00.00-24.00 WIB.

- Masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati pusat erupsi di kawah puncak dengan radius 3 km.


3. Gunung Rinjani (Waspada atau Level II)

View yg begitu indah Segara anak Gunung Barujari dikelilingi tebing yg terjal terlihat begitu gagahTerpesona Keindahan Puncak Gunung Rinjani di Lombok Foto: detik

Gunung Rinjani berada di wilayah Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Info pendakian 17 Agustus yang ketiga ialah 4 rekomendasi dari Magma Indonesia berkaitan dengan aktivitas Gunung Rinjani terakhir pada Minggu (7/8/2022) pukul 00.00-24.00 WITA.

- Masyarakat di sekitar Gunung Rinjani dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak beraktivitas/berkemah di dalam area tubuh G. Barujari termasuk di area lava baru dan seluruh area di dalam radius 1,5 km dari kawah Gunung Barujari.

- Pendakian diperbolehkan kecuali di seluruh bagian tubuh G. Barujari (lihat poin 1), karena material lava letusan masih bertemperatur tinggi dan tidak stabil sehingga rawan untuk terjadi rockfall/longsoran batu.

- Meskipun tidak dapat dipastikan, namun potensi letusan Rinjani masih ada. Oleh karena itu pendaki/pengunjung/wisatawan yang beraktivitas di luar radius 1,5 km dari Barujari maupun masyarakat di sekitar Rinjani diharapkan selalu menyiapkan masker, penutup hidung dan mulut serta pelindung mata agar terhindar dari infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan iritasi mata jika terjadi letusan abu.

- Masyarakat di sekitar Gunung Rinjani diharap untuk tetap tenang namun tetap menjaga kewaspadaan, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Rinjani yang tidak jelas sumbernya.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA