Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 14 Agu 2022 18:40 WIB

TRAVEL NEWS

Serunya Kreator TikTok Berbagi Pengalaman dan Lomba 17-an di Bali

bonauli
detikTravel
Lomba 17-an TikTok di Bali
Foto: Lomba17-an TikTok di Bali (Bonauli/detikTravel)
Canggu -

Perjalanan #SerunyaIndonesia dari TikTok berlanjut ke Bali. Di sini para konten kreator sharing dan ikut lomba 17-an yang seru abis.

detikTravel diundang oleh TikTok untuk merayakan HUT RI ke-77 dengan program Jelajah #SerunyaIndonesia dan melakukan perjalanan ke 77 destinasi wisata di 17 wilayah Indonesia. Setelah Likupang dan Bunaken, kami melanjutkan perjalanan ke Bali.

Di Bali, TikTok melakukan workshop bersama konten kreator lokal Bali di Restoran Nori, Canggu. Bersama 42 konten kreatif, TikTok sharing berisi tentang konten dan fitur baru dilakukan.

TikTok mengundang 4 konten kreator sebagai pembicara, yaitu @a.ci.pa, @urrofi_, @sptrakori_, dan @endraratna. Mereka berbagai tips agar konten bisa menuai banyak views dan mengantisipasi kebosanan dalam membuat video.

Endra Ratna Sari, konten kreator dari Jembrana ini jadi salah satu yang berbeda. Dirinya memfokuskan konten pada UMKM Jembrana.

"UMKM Jembrana kurang diwadahi. Mereka cuma sekedar komunitas tapi tidak diajarkan secara teknis, " ucapnya pada detikTravel.

Lomba 17-an TikTok di BaliLomba 17-an TikTok di Bali Foto: Bonauli/detikTravel

Menurutnya komunitas UMKM Jembrana tidak diajarkan untuk jualan online. Dari pengamatannya, UMKM Jembrana masih sangat kurang dibandingkan wilayah Canggu atau daerah lainnya.

"Yang booming sekarang kan TikTok. Nah, emak-emak yang biasa ngulek sambel kan ribet enggak paham soal bikin akun-akun kaya gitu," celotehnya.

Lomba 17-an TikTok di BaliSesi berbagi kreator TikTok di Bali Foto: Bonauli/detikTravel

Sebagai salah satu pedagang lokal Jembrana, Endra yang biasa dipanggil emak ini berharap agar pemda Jembrana lebih perhatian pada pariwisata Jembrana. Sehingga UMKM kecil bisa ikut terangkat.

"Mungkin karena kurang banyak pariwisatanya jadi salah satu faktor UMKM Jembrana yang lesu," jelasnya.

Selain sesi sharing, peserta konten kreator juga diajak untuk lomba 17an. Mulai dari makan kerupuk, tenis meja, sampai balap karung.

Teriknya matahari Bali tak menyurutkan semangat para peserta. Peserta tak masalah soal menang kalah, yang penting senang.



Simak Video "Intip Keseruan Festival 'Serunya Indonesia' dari TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA