Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 16 Agu 2022 19:03 WIB

TRAVEL NEWS

Merdeka ala Traveler di Tengah Ancaman COVID

Insert merdeka
Apa arti merdeka buat kamu, traveler? Foto ilustrasi: Mindra Purnomo
Jakarta -

Bangsa Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Bagi Indonesia 77 tahun yang lalu, merdeka berarti terbebas dari penjajahan. Namun di masa kini, merdeka tentu memiliki makna tersendiri bagi masing-masing orang.

Apa arti merdeka buat kamu, traveler? Hmm, apa ya? Tanpa bermaksud mengenyampingkan peran para pahlawan, jika dikaitkan dikaitkan dengan kondisi saat ini, merdeka ala traveler ya apalagi kalau bukan merdeka bisa jalan-jalan ke mana saja, bebas menghirup udara segara tanpa deg-degan terkena virus COVID-19.

Kita tahu selama 2 tahun lebih pandemi COVID-19 sudah menghantui kehidupan semua orang di dunia. Bahkan dunia pariwisata terkena dampaknya yang besar.

Dulu awal-awal, untuk jalan-jalan dalam negeri maupun keluar negeri itu belum seperti saat ini. Sejumlah negara menutup aksesnya, bahkan negara kita sendiri menghalangi orang dari luar masuk. Sedih tapi itu yang harus dihadapi.

Dunia pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling terguncang gara-gara pandemi COVID-19. Berapa karyawan yang sudah di-PHK dan berapa tempat pariwisata serta perhotelan yang tutup. Diyakini ribuan triliun menguap dari sektor pariwisata global sebagai efek dari pandemi COVID.

Banyak pelaku wisata yang kehilangan mata pencaharian karena tidak bisa beraktivitas. entah tempat wisatanya ditutup atau karena aturan pembatasan untuk mencegah penularan virus.

Tetapi Alhamdulilliah seiring dengan pelonggaran aturan perjalan dan pembatasan, dunia wisata sudah semakin pulih meski jumlah kunjungan masih belum sebagus tahun 2019 lalu.

Apa dengan kondisi tersebut Indonesia sudah disebut merdeka? Merdeka dalam arti real jelas sudah, karena Indonesia sudah terbebas dari penjajah. Tapi jika dilihat dari kacamata berbeda bisa dibilang belum, kita seakan terbelenggu kekhawatiran dengan COVID-19. Untuk mengatasinya tentu butuh proses penyesuaian, bukan dengan memaksakan harus berlangsung seperti dulu sebelum COVID,

Merdeka bagi saya tidak hanya bisa jalan-jalan ke mana saja, tapi dengan jalan-jalan itu saya masih mendapatkan hak untuk sehat di mana pun saya berada. Jangan sampai kita mau healing benerin feeling malah jadi sakit.

Untuk itu diperlukan kesadaran warga agar tetap menjaga prokes, tetap menggunakan masker, rajin cuci tangan, menjaga jarak aman di mana pun berada saat sedang berliburan. Entah ketika di dalam maupun luar negeri.

Ini semua supaya kita bisa melalui pandemi ini dengan mantap. Merdeka jalan-jalan dan merdeka untuk sehat.

Merdeka!!!

Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, detikcom menginisiasi kampanye 'Merdeka Bagi Mereka'. Di kampanye ini akan ada kumpulan kisah inspiratif tentang arti 'Merdeka Bagi Mereka' dari berbagai figur dan perspektif.

Simak terus kampanye 'Merdeka Bagi Mereka' mulai 17 Agustus 2022 di Sini!



Simak Video "Lahir di 17 Agustus. 16 Bayi Ini Diberi Pernak-pernik Kemerdekaan"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA