Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 17 Agu 2022 11:28 WIB

TRAVEL NEWS

Merdeka di Mata Sandiaga, Bebas Berkarya untuk Kemajuan Bangsa

Erika Dyah
detikTravel
Sandiaga Uno
Foto: Sandiaga Uno
Jakarta -

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun ini disambut dengan perayaan yang semarak setelah lebih dari 2 tahun masyarakat terbelenggu pandemi. Di momen pemulihan ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno memaknai kemerdekaan sebagai kebebasan untuk berkarya terutama dalam mendorong kebangkitan pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf).

"Kemerdekaan bukanlah suatu pencapaian akhir. Bagaimana kita bebas untuk berkarya adalah pencapaian puncak, bahwa kita memiliki kebebasan untuk berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi tanpa saling sikut satu sama lain demi mencapai tujuan bersama kemajuan Indonesia," ungkap Sandiaga, Rabu (17/8/2022).

Meski Indonesia masih harus melewati tantangan pandemi dan krisis global, Sandiaga mengaku optimistis dan penuh harapan dengan bergandengan tangan masyarakat Indonesia bisa Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat sebagaimana tema Hari Kemerdekaan tahun ini.

"Untuk itu kita harus terus melakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dengan semangat 3G. Gercep (Gerak Cepat), Geber (Berak Bersama), Gaspol (Garap Semua Potensi Online) yang berorientasi pada pemulihan ekonomi nasional dalam memasuki tatanan ekonomi baru yang serba digital," jelasnya.

Ia pun menjelaskan pihaknya memiliki target menciptakan 1,1 juta lapangan pekerjaan baru di tahun 2022 ini. Menurut Sandiaga, 97% dari lapangan kerja baru ini diciptakan oleh para pelaku UMKM, pariwisata, dan ekraf yang mulai membangkitkan diri dan perekonomian bangsa. Sehingga dirinya pun bersyukur atas dorongan dan prestasi UMKM untuk bangkit hingga menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia.

Sandiaga mengungkap di momen 17-an tahun ini, dirinya akan menjadi inspektur upacara di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta bersama masyarakat di Desa Wisata Untung Jawa. Diketahui, desa ini merupakan peraih 50 besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

"Ini merupakan momen yang sangat penting bagi saya karena pertama kali saya merayakan hari kemerdekaan sebagai inspektur upacara di sebuah pulau yang merupakan desa wisata," tuturnya.

Ia menambahkan berbagai perlombaan di momen 17 Agustus yang digelar di berbagai daerah menjadi suatu hal yang menarik. Apalagi, kegiatan ini dirayakan dengan kearifan lokal yang kaya di Indonesia. Meski demikian, ia melihat semangat yang diusung seluruh masyarakat di penjuru negeri tetap sama, yaitu mengobarkan semangat kita dan mengibarkan bendera merah putih.

"Selamat merayakan Hari Kemerdekaan ke-77 Indonesia, Dirgahayu RI! Mari bergerak bersama bergotong royong mewujudkan target pembangunan harapan bangsa menuju Indonesia emas. Percepatan pemulihan kondisi sehingga kita bisa kembali untuk masuk menjadi negara maju bersama kita pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, membawa semangat Indonesia maju," pungkasnya.

Sebagai informasi, Indonesia kembali merayakan hari kemerdekaannya. Di tahun ini, Indonesia memasuki usia ke-77 tahun. Bagi Indonesia 77 tahun yang lalu, merdeka berarti terbebas dari penjajahan. Namun di masa kini, merdeka tentu memiliki makna tersendiri bagi masing-masing orang.

Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, detikcom menginisiasi kampanye 'Merdeka Bagi Mereka'. Di kampanye ini akan ada kumpulan kisah inspiratif tentang arti 'Merdeka Bagi Mereka' dari berbagai figur dan perspektif.

Simak terus kampanye 'Merdeka Bagi Mereka' mulai 17 Agustus 2022 di sini!

(fhs/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA