Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 17 Agu 2022 12:28 WIB

TRAVEL NEWS

Turis Korsel Hilang Saat Snorkeling di Nusa Penida

Tim detikcom
detikTravel
Basarnas Bali melakukan pencarian WNA Korea Selatan yang hilang saat snorkeling di Pantai Mantabay, Nusa Penida, Klungkung, Bali, Selasa (16/8/2022).
Basarnas Bali melakukan pencarian WNA Korea Selatan yang hilang saat snorkeling di Pantai Mantabay, Nusa Penida, Klungkung, Bali, Selasa (16/8/2022). (Foto: Basarnas Bali)
Klungkung -

Turis asal Korea Selatan hilang saat snorkeling di Pantai Mantabay, Nusa Penida, Klungkung, Bali, Selasa (16/8/2022).

Korban dan rekannya pergi ke lokasi snorkeling menggunakan boat sekitar pukul 13.00 Wita. Namun, tak kunjung muncul ke permukaan usai mencebur ke laut.

Kapten kapal langsung menghubungi Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) untuk meminta bantuan sekitar pukul 16.30 Wita. Setelah menerima laporan kejadian, Basarnas Bali langsung menerjunkan empat personel Unit Siaga SAR Nusa Penida menggunakan Rigit Inflatabel Boat (RIB), dibantu empat boat milik kelompok Wisata Tirta Nusa Lembongan untuk melakukan pencarian.

Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada mengungkapkan satu korban selamat bernama Jina Lee, ditemukan berlindung di tebing Broken Beach. Tim SAR sempat kesulitan mengevakuasi korban karena kondisi ombak.

RIB dan salah satu speedboat berupaya mendekati tebing agar bisa menjangkau korban. Jina Lee berhasil dievakuasi sekitar pukul 18.00 Wita, kemudian dibawa menuju Nusa Ceningan.

"Proses evakuasi tidak mudah, karena ombak dan alun yang semakin mendekati tebing, semakin sulit dilewati. Apabila hendak merapat ke tebing harus ada perhitungan, sehingga tidak sampai terdorong dan membentur dinding tebing," kata dia.

Sementara itu, Gede Darmada mengatakan korban laki-laki yang belum ditemukan bernama Yongjae Kim. Hingga menjelang petang, belum terlihat tanda-tanda keberadaan korban. Pencarian yang dilakukan tim SAR gabungan terpaksa dihentikan karena kondisi sekitar sudah mulai gelap dan jarak pandang sempit.

Operasi SAR hari pertama, Rabu (17/8/2022), melibatkan empat personel Basarnas Bali, empat personel Polsek Nusa Penida, dan sepuluh orang dari Kelompok Wisata Tirta Nusa Lembongan.

"Operasi SAR pagi ini kami lanjutkan, dan pergerakannya sudah direncanakan malam kemarin," kata Darmada.



Simak Video "Angels Billabong, Seru-seruan Berenang dan Bermain Air di Kolam Alami, Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA