Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 20 Agu 2022 13:42 WIB

TRAVEL NEWS

Fakta Indonesia Diistimewakan Australia, Contoh dari Visanya

Apa Saja Perubahan Imigrasi Australia dan Biaya Visa Apa yang Dikembalikan?
Ilustrasi visa Australia (Foto: ABC Australia)
Jakarta -

Indonesia ternyata dianggap istimewa oleh Australia. Buktinya, visa yang diberikan memiliki umur yang lebih panjang dibanding yang lain dan jadi satu-satunya.

Dengan kebijakan ini tentu menguntungkan traveler yang akan sering bepergian ke negeri kanguru. Karena, mereka tidak perlu repot-repot memperbarui visanya jika harus bolak-balik.

"Iya, jadi khusus untuk Indonesia visanya bisa untuk tiga tahun dan multiple entry. Jadinya mereka bisa bolak balik ke Australia dan itu cuma Indonesia yang punya," kata Country Manager Indonesia South East Asia Tourism Australia, Agitya Nuraini, kepada wartawan di Jakarta, Jumat (19/8/2022).

"Ketentuan itu berlaku dari tahun 2015. Karena untuk mempererat hubungan kedua negara jadi kita dikasih keistimewaan itu dan sangat berguna bagi yang sering bolak-balik," dia menambahkan.

Meski demikian, pembuatan visa Australia buat traveler Indonesia masih terbilang lama. Jadi, kebanyakan traveler harus menunggu hingga sebulan untuk menerima visa Australia. Selain itu, cukup banyak yang mengeluhkan visa dikeluarkan terlalu mepet dengan jadwal penerbangan pesawat.

"Kalau pengajuan visa sekarang average dikeluarkannya 25-30 hari. Kalau bisa lebih cepat pasti kita beri tahu. Tapi, yang selalu diberitahu pertama ya agen travel karena mereka punya sistem pengajuan visa ke kami," kata dia.

"Itu untuk kecepatan rata-rata pengajuan visa kunjungan atau turis per bulan ini. Meski ada juga 25% yang bisa lebih cepat hanya beberapa hari saja," Agitya menjelaskan.

Pada tahun 2019, ketika dunia traveling sedang tinggi-tingginya, Indonesia menyumbang sekitar 222.000 wisatawan buat Australia. Setelah pembukaan perbatasan, belum diketahui pasti angkanya, baru turis dari Selandia Baru, Singapura, AS dan Inggris yang memenuhi bandara di sana.



Simak Video "Banjir di Australia Masuk Pekan Ketiga, Jatuh 6 Korban Jiwa"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA