Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 26 Agu 2022 19:39 WIB

TRAVEL NEWS

Anies Kenalkan Kotu Sebagai Kota Masa Depan

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Festival Batavia Kota Tua 2022
Festival Batavia Kota Tua 2022 (Foto: Yasmin Nurfadila/detikcom)
Jakarta -

Revitalisasi Kota Tua hampir tuntas. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperkenalkannya sebagai kota masa depan.

Sesuai dengan namanya, Kota Tua merupakan destinasi wisata yang menghadirkan suasana Jakarta di masa lalu. Namun setelah direvitalisasi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperkenalkan Kota Tua sebagai Kota Masa Depan.

Pada sambutannya dalam acara pembukaan Festival Batavia Kota Tua, Anies menyebut Kota Tua kini telah berubah. Kota Tua tak lagi menjadi kawasan yang hanya menghadirkan masa lalu, tetapi juga masa depan.

"Karena di tempat ini begitu banyak sejarah perjalanan Jakarta terjadi. Dan tempat ini sering dipandang sebagai Kota Tua, kota masa lalu, kota tempat kita menengok ke belakang. Hari ini tempatnya telah berubah, di Kota Tua kita menengok ke masa depan," kata Anies saat membuka Festival Batavia Kota Tua 2022 di Kawasan Kota Tua, Jumat (26/8/2022).

Festival Batavia Kota Tua 2022Anies di Festival Batavia Kota Tua 2022 (Foto: Yasmin Nurfadila/detikcom)

Jargon Kota Tua sebagai Kota Masa Depan ini berkaitan dengan revitalisasi yang dilakukan. Salah satu tujuan dari revitalisasi adalah untuk menjadikan Kota Tua sebagai kota ramah pejalan kaki dan hal ini sesuai dengan indikator kota masa depan.

"Kota masa depan itu ditandai satu, didominasi oleh pejalan kaki, dan tempat ini semuanya disiapkan untuk berjalan kaki. Yang kedua, difasilitasi dengan transportasi umum yang menjangkau tempat ini. Yang ketiga, kota masa depan adalah kota yang emisinya rendah, udaranya bersih. Dan di sinilah dilakukan low emission zone. Kawasan Zona Emisi Rendah," lanjut Anies.

Selain pembangunan trotoar di beberapa titik, revitalisasi ini juga memenuhi indikator lain dalam kota masa depan, yakni tersedianya transportasi umum. Revitalisasi ini menghasilkan fasilitas transportasi umum yang lebih dekat.

Kini pengunjung yang menggunakan KRL dan Transjakarta dapat turun langsung di depan kawasan Kota Tua. Salah satu langkah awal yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk memperkenalkan Kota Tua sebagai Kota Masa Depan ini adalah dengan mengadakan Festival Batavia Kota Tua.

"Ini ditandai dengan festival yang sekarang sedang kita sama-sama akan dijalani, Festival Batavia Kota Tua 2022. Mudah-mudahan festival ini bisa berjalan dengan lancar. Saya ingin mengundang kepada seluruh warga Jakarta dan sekitarnya. Mari datangi Kota Tua, mari kita lihat Kota Tua yang hampir tuntas pembangunannya dan kita ramaikan Festival Kota Tua," kata Anies.

Festival Batavia Kota Tua 2022Festival Batavia Kota Tua 2022 (Foto: Yasmin Nurfadila/detikcom)

Festival Batavia Kota Tua 2022 akan berlangsung selama tiga hari, pada Jumat, 26 Agustus hingga Minggu, 28 Agustus 2022. Festival ini menghadirkan bazaar dari 80 UMKM dan 10 pertunjukan musik.

"Berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman yang menjawab tren masa kini namun tetap mempertahankan nilai-nilai yang sudah dipegang dari tahun ke tahun," kata Direktur Utama Jakarta Experience Board Novita Dewi selaku pelaksana festival ini dalam sambutannya pada kesempatan yang sama.



Simak Video "Bicara Keadilan, Anies Singgung Pembatasan Motor di Era Ahok"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA