Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 31 Agu 2022 12:11 WIB

TRAVEL NEWS

Dua Pilot Bertengkar Saat Terbang Berujung Diskors

Putu Intan
detikTravel
Ilustrasi pilot
Ilustrasi pilot. Foto: (Thinkstock)
Jakarta -

Menerbangkan pesawat butuh konsentrasi tapi kedua pilot ini malah terlibat pertengkaran. Mereka akhirnya diskors maskapai.

Dua pilot itu berasal dari maskapai Air France. Mereka diketahui bertengkar dalam penerbangan dan melakukan gerakan yang tidak pantas di kokpit dalam perjalanan dari Jenewa ke Paris.

Pertengkaran tersebut terjadi pada Juni 2022 dan menyebabkan penangguhan kedua pilot. Sementara itu hingga saat ini Air France belum merilis identitas kedua pilot itu.

"Insiden itu dengan cepat diselesaikan tanpa mempengaruhi keselamatan penerbangan, yang berlanjut secara normal," kata juru bicara Air France dikutip dari CNN, Rabu (31/8/2022).

"Pilot yang bersangkutan saat ini diskors terbang dan sedang menunggu keputusan manajerial tentang hasil/penanganan insiden tersebut. Air France mengingatkan keselamatan pelanggan dan awaknya adalah prioritas mutlak," ujarnya.

Meskipun insiden itu terjadi dua bulan lalu, ini menjadi isu yang menyedot perhatian masyarakat Prancis. Menurut surat kabar bisnis Prancis, La Tribune, ada masalah struktural yang lebih besar dalam tubuh Air France.

Sementara itu, Biro Penyelidikan dan Analisis untuk Keselamatan Penerbangan Sipil yang mengawasi industri penerbangan telah mengeluarkan rekomendasi keselamatan mengenai kepatuhan operator terhadap prosedur.

Namun hal ini dilakukan bukan karena insiden pertengkaran bulan Juni lalu. Rekomendasi diberikan terkait pesawat Air France A330 yang melakukan perjalanan dari Brazzaville ke Paris dan mengalami kebocoran bahan bakar. Penerbangan itu kemudian dialihkan untuk mendarat di Chad pada 31 Desember 2021.

Laporan menunjukkan bahwa pilot gagal mengikuti prosedur kebocoran bahan bakar yang mengharuskan mesin yang terkena dimatikan untuk mengurangi risiko kebakaran. Ini mengakibatkan pengurangan substansial dalam margin keselamatan penerbangan dan kebakaran telah dihindari secara kebetulan.

Awal tahun ini, pesawat Air France juga mengalami masalah teknis dan ketidakstabilan kontrol penerbangan saat mendarat. Pesawat Boeing 777 itu berangkat dari New York City dan berhasil mendarat di Bandara Charles de Gaulle Paris dengan semua penumpang selamat.



Simak Video "Penampakan Ratusan Paus Terdampar di Pantai Barat Tasmania"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA