Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 03 Sep 2022 09:11 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Mengenal soal Free Dive? Datang Saja ke Senayan

bonauli
detikTravel
Deep and Extreme Indonesia 2022
Nikita Fima, founder komunitas Free Diving Society (bonauli/detikcom)
Jakarta -

Free diving mulai populer sebagai pilihan menikmati surga bawah laut selain scuba diving. Traveler yang mau tahu soal free diving bisa datang ke Senayan.

Pameran Deep and Extreme Indonesia (DXI) 2022 kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Acara ini berlangsung pada tanggal 1-4 September 2022.

Ada sekitar 100 exhibitor di DXI, di antaranya adalah Free Diving Society, sebuah komunitas free diving. Nikita Fima, founder dan instruktur Free Diving Society, terjun langsung dalam pameran.

"Ini pameran pertama, kami ingin mengenalkan free dive pada pengunjung. Kita ingin jadi wadah buat mereka," kata Nikita pada detikTravel.

Free Diving Society baru berdiri pada akhir tahun 2019. 'Sekolah' ini didirikannya karena dorongan teman-teman Nikita yang ingin belajar free diving.

"Aku jadi mermaid di Jakarta Aquarium dari tahun 2017-2022 di bulan Juni lalu. Sekarang sudah full mengajar," katanya.

Di masa pandemi, komunitas ini kedatangan banyak peminat. Bahkan Nikita pernah dapat 30 murid dalam sebulan.

Ada tiga tahapan sertifikasi yang ditawarkan yaitu level 1, 2 dan 3. Nikita ingin agar traveler bisa melakukan free diving dengan pemahaman yang benar.

"Supaya mereka tidak melakukan free dive dengan sembrono. Dengan memiliki pengetahuan tentang safety, free dive sangat menyenangkan," dia menjelaskan.

Nikita menuturkan bahwa free dive adalah kegiatan menyelam yang membutuhkan relaksasi pada pernapasan. Tak ada batasan usia untuk mencoba free dive, tapi kalau untuk anak-anak minimal berusia 12 tahun.

"Tak ada pantangan makanan untuk free diving. Relaksasi lebih berpengaruh pada makanan. Karena dasar dari free dive itu menghemat penggunaan oksigen dalam tubuh," kata dia.

Jika traveler ingin lebih mantap free diving, cobalah untuk melakukan yoga. Olahraga latih pernapasan dan fleksibilitas jadi kunci ketenangan saat berada di dalam air.

"Lewat komunitas ini, mereka dibuat percaya dan pede. Karena kalau panik, bayangannya ke mana-mana. Jadi relaksasi itu jauh lebih baik," ujar Nikita.



Simak Video "Geger Berdendang Bergoyang: Banyak Jatuh Korban-Izin Dicabut Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA