Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 05 Sep 2022 15:40 WIB

TRAVEL NEWS

Viral, Ada 'Pesawat Hantu' Jatuh!

bonauli
detikTravel
Cessna 172 Skyhawk
Ilustrasi pesawat Cessna (Dok. Textron Aviation Inc.)
Jakarta -

Pesawat ini berhasil bikin negara-negara Eropa geger. Disebut-sebut pesawat hantu, jet ini jatuh tanpa ada jejak manusia di dalamnya.

Dilansir dari AFP, pesawat diyakini adalah Cessna 551 yang terdaftar di Austria dan terbang dari Jerez di Spanyol selatan. Menurut situs web FlightRadar24, jet lepas landas pada pukul 12.56 GMT (waktu Greenwitch).

Pesawat itu jet pribadi itu terbang dengan membawa empat penumpang yang rencananya akan mendarat di Cologne, Jerman. Namun pesawat itu tetap terbang di atas wilayah udara Swedia, tepatnya di Laut Baltik, sebelum akhirnya jatuh ke laut di Ventspils, Latvia, tepat sebelum pukul 20.00 malam waktu setempat.

"Pesawat itu terbang dari Spanyol ke Cologne tetapi selama penerbangan pesawat mengubah rute penerbangannya," kata Otoritas Penerbangan Sipil Latvia dalam sebuah pernyataan, dikutip BBC International, Senin (5/9/2022).

"Pengendali lalu lintas udara tidak dapat berkomunikasi dengan awak pesawat," katanya.

Otoritas setempat menyampaikan pesawat terbang relatif stabil sampai mendekati pantai Latvia, ketika ketinggiannya hilang dengan cepat. Pesawat pun diduga jatuh lantaran kehabisan bahan bakar.

"Itu jatuh ketika kehabisan bahan bakar," kata pemimpin operasi pencarian dan penyelamatan Swedia Lars Antonsson.

Hal senada juga dikatakan tim penyelamat dari Latvia, Swedia dan Lithuania. Mereka bergegas ke lokasi sesaat setelah menerima laporan pesawat itu jatuh ke laut dekat kota Ventspils di Latvia.

"Pesawat-pesawat perang Jerman dan Denmark sebelumnya telah dikirim untuk memeriksa pesawat saat melewati wilayah udara negara-negara tersebut, tetapi tidak dapat melakukan kontak," kata Administrasi Maritim Swedia, Johan Wahlstrom.

"Mereka tidak bisa melihat siapa pun di kokpit," katanya lagi.

Surat kabar Jerman Bild melaporkan bahwa pesawat itu membawa pilot, seorang pria, seorang wanita, dan seseorang anak perempuan. Sayangnya sumber informasi tak dijelaskan detail.

Hingga kini belum ada informasi terbaru soal pesawat ini. Austria dan Spanyol juga belum memberi komentar.



Simak Video "Pesawat Latih Mendarat Darurat di Banyuwangi, Pilot-Penumpang Selamat"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA