Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 12 Sep 2022 07:41 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Rahasia Umur Panjang Ratu Elizabeth II

Femi Diah
detikTravel
Jakarta -

Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022) sore waktu setempat. Ini dia rahasia umur panjangnya.

Ratu Elizabeth memimpin Kerajaan Inggris selama 70 tahun. Dia naik takhta pada 6 Februari 1952. Dengan durasi itu, dia pun tercatat sebagai pemimpin paling lama yang berada di singgasana kekuasaan.

Kekuasaan Ratu Elizabeth itu mengalahkan rekor sebagai pemegang kekuasaan Kerajaan Inggris, Ratu Victoria. Dia berkuasa sejak 20 Juni 1837 sampai 22 Januari 1901, atau selama 63 tahun.

Dengan usianya yang mencapai 96 tahun, Ratu Elizabeth II masih aktif mendatangi sejumlah acara. Salah satunya, dan cukup mengejutkan, Ratu Elizabeth ratu muncul di hadapan publik untuk menghadiri pembukaan jalur kereta tiga bulan sebelum meninggal dunia.

Kemunculan sang ratu cukup mengagetkan khalayak umum saat itu. Karena, sebelumnya sang ratu dikabarkan menderita masalah mobilitas dan membatalkan beberapa agenda dalam beberapa bulan terakhir, termasuk pembukaan parlemen.

Stamina dan ketangguhan ratu pun menjadi perbincangan. Tidak sedikit yang penasaran dengan resep panjang umur Ratu Elizabeth II. Dikutip dari Health Digest, rahasia umur panjang Ratu Elizabeth diungkap oleh peneliti budaya Inggris Bryan Kozlowski dalam buku 'Long Live the Queen! 23 Rules for Living From Britain's Longest-Reigning Monarch'.

Berikut rahasia hidup sehat dan panjang umur Ratu Elizabeth II:

1. Rutin Olahraga

Ratu Elizabeth II disebut memiliki kebiasaan menjaga kebugarannya dengan olahraga. Salah satunya rutin berjalan kaki di taman Istana Buckingham. Yakni, setelah makan siang.

Kemudian, berkuda yang dilakukan nyaris setiap hari.

2. Pola makan yang sehat

Darren McGrady, mantan koki kerajaan Inggris, mengungkapkan bahwa makanan favorit penguasa terlama di Inggris ini adalah sayuran bersama protein tanpa lemak, seperti salmon, pheasant, dan daging rusa.

McGrady juga menyebut Ratu Elizabeth adalah penggemar berat buah stroberi. Semasa hidupnya, ia selalu mengonsumsi stroberi setiap hari.

Bahkan saking sukanya dengan buah itu, dia mempunyai kebun buah berries di pekarangan di rumahnya di Balmoral Castle, Skotlandia. Di sana banyak ditanami berbagai macam buah berries seperti raspberry, strawberry dan gooseberry.

3. Tidak suka minuman manis

Sebagai orang Inggris tulen, Ratu suka ritual minum teh di sore hari. Biasanya, di pagi hari, ratu menikmati Earl Grey atau Darjeeling, ditambah sedikit susu dan tanpa gula.

Kemudian, di sore hari, Ratu Elizabeth minum teh lagi sekitar pukul 17.00.

4. Menjaga otak tetap aktif

Ratu Elizabeth II juga memiliki ingatan yang cukup baik meski usianya tak lagi muda. Itu dikarenakan ia selalu meluangkan waktu selama berjam-jam dalam sehari untuk membaca dokumen penting baik terkait kebijakan dan masalah konstitusional.

5. Rutin Me Time

Dikutip dari New York Post, ketika berbicara tentang kesehatan mentalnya, Ratu Elizabeth kerap meluangkan waktu untuk dirinya sendiri, mencari ketenangan di kastil Balmoral yang disayanginya di Skotlandia.

Meski begitu, menurut penelitian, kebiasaan pribadi Ratu Elizabeth yang sehat bukan satu-satunya hal yang membuatnya panjang umur. Pada saat kelahirannya di tahun 1926, harapan hidup wanita di Inggris adalah 62 tahun, sementara usia yang dia lewati dari rata-rata tersebut adalah 34 tahun.

(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA