Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 21 Sep 2022 18:42 WIB

TRAVEL NEWS

Penjelasan Lengkap Citilink Soal Pesawat Putar Balik di Bandara Juanda

Pilot Citilink Meninggal Usai Pesawat Mendarat Darurat, Ini 5 Faktanya
Foto: Ilustrasi pesawat Citilink (Citilink)
Surabaya -

Pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG350 tujuan Makassar terpaksa putar balik ke Bandara Juanda, Surabaya gegara masalah teknis. Berikut penjelasan lengkapnya dari pihak maskapai:

Maskapai Citilink, yang diwakili Diah Suryani Indriastuti, VP Corporate Secretary & CSR Citilink Indonesia memberikan klarifikasi terkait insiden yang terjadi di salah satu armada mereka.

Citilink dengan nomor penerbangan QG350 rute Surabaya (SUB) - Ujung Pandang (UPG) pada Rabu, 21 September 2022 yang diberitakan Return to Base (RTB). Menurut Diah, insiden terjadi 30 menit setelah lepas landas.

"Penerbangan QG 350 rute Surabaya - Ujung Pandang tanggal 21 September 2022 kembali ke Surabaya pada pukul 10.00 WIB atau sekitar 30 menit setelah sebelumnya lepas landas pada pukul 09.30 WIB," ujar Diah dalam keterangannya yang diterima detikTravel, Rabu (21/9/2022).

Pesawat tersebut diduga mengalami kendala teknis sehingga segera dilakukan pengecekan pada pesawat demi alasan keamanan dan keselamatan penerbangan.

"Citilink melakukan langkah yang diperlukan yaitu dengan segera mengganti pesawat tersebut dengan pesawat pengganti sesuai dengan prosedur yang berlaku," imbuh Diah.

Diah juga menerangkan bahwa, seluruh penumpang QG350 telah diberangkatkan kembali ke Ujung Pandang dengan pesawat pengganti pada pukul 11.37 waktu setempat dan saat ini telah tiba di Ujung Pandang pada pukul 14.16 waktu setempat dengan selamat.

"Citilink telah melaksanakan prosedur delay management dengan memberikan kompensasi berupa makanan ringan kepada seluruh penumpang terdampak yang diberikan di destinasi tujuan," jelasnya.

Terakhir, Diah memohon maaf sebesar-besarnya atas insiden yang menimbulkan ketidaknyamanan bagi para penumpang itu.

"Kami manajemen Citilink memohon maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyaman yang terjadi. Citilink senantiasa mengutamakan aspek keselamatan serta keamanan penerbangan, oleh karena itu kami selalu berupaya sejak dini dalam mengantisipasi hal-hal yang berpotensi mengganggu keselamatan dan keamanan penerbangan," tutupnya.

Lihat juga Video: Citilink Ungkap Kronologi Pilot Meninggal Usai Mendarat Darurat

[Gambas:Video 20detik]



(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA