Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 23 Sep 2022 15:31 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Progres Megaproyek Wisata Borobudur Highland

Kawasan Borobudur akan dilengkapi tempat wisata baru yaitu Borobudur Highland. Bagaimana gambaran tempat wisata tersebut? berikut foto-foto masterplannya.
Foto: Istimewa/Dok Badan Otorita Borobudur
Jakarta -

Berikut ini perkembangan pembangunan wisata Borobudur Highland. Sudah sejauh mana megaproyek di destinasi prioritas tersebut?

Pembangunan megaproyek wisata Borobudur Highland yang membentang di tiga kabupaten yakni Kulon Progo DIY, Purworejo dan Magelang Jawa Tengah terus dikebut. Saat ini pengerjaan telah masuk ke tahap perbaikan akses.

"Untuk saat ini kita masuk ke tahap pembebasan lahan guna perbaikan akses. Proses perencanaan sudah dilakukan, dan rencananya mulai dikerjakan pada awal 2023 mendatang," ujar Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB), Indah Juanita, saat ditemui di sela-sela kunjungannya di Desa Wisata Tinalah, Kulon Progo, Jumat (23/9/2022).

Dalam tahap ini, jalur utama menuju area Borobudur Highland bakal diperbaiki dan diperlebar. Pelebaran jalan dilakukan dari ruas Pasar Plono, Pagerharjo, Samigaluh hingga masuk wilayah Zona Otorita termasuk di antaranya Objek Wisata Kebun Teh Nglinggo.

Adapun panjang jalan di dalam zona otorita yang rencananya ikut diperbaiki mencapai 5,8 km. Dari jumlah itu yang dapat bantuan dari PU dalam tahap awal perbaikan khusus jalan di dalam zona nantinya mencapai 2,7 km.

Jalan itu akan diperlebar dari sebelumnya 6 meter menjadi 8 meter, dengan ketentuan lebar badan jalan 6 meter dan total bahu jalan 2 meter. Proses pelebaran jalan termasuk di antaranya pengaspalan ulang dan pelandaian itu bakal dilakukan oleh Kementrian PUPR menggandeng sejumlah pihak, salah satunya Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah DIY.

Dalam perbaikan jalan ruas Pasar Plono-Nglinggo, juga termasuk dalam pembangunan jembatan otorita sepanjang 54 meter.

Indah menjelaskan setelah perbaikan jalan selesai, selanjutnya secara bertahap mulai dilakukan pembangunan fasilitas yang dibagi menjadi 5 distrik atau zona, yaitu zona gerbang masuk, zona resort eksklusif, zona wisata petualangan, zona wisata budaya, dan zona ekstrim.

Adapun fasilitas yang bakal disediakan meliputi tempat UMKM, Amphitheatre, Taman Anggrek, Tree top Cycling, Mountain Biking, Multimedia Night Walk, Zip Coaster, Outbond Center, Children Playgroup and mini zoo, Borobudur Conner, health, spa and welness centre, forest tracking and offroad.

Artikel ini sudah naik di detikJateng



Simak Video "7 Desa Dapat Pelatihan untuk Memperkuat Daya Tarik Wisata"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA