Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 27 Sep 2022 19:46 WIB

TRAVEL NEWS

Balai Yasa Manggarai Dibuka, Pengunjung Antusias Banget

Putu Intan
detikTravel
Melihat Lebih Dekat Bengkel Kereta Api di Balai Yasa Manggarai
Pengunjung Balai Yasa Manggarai. Foto: Pradita Utama/detikcom
Jakarta -

Balai Yasa Manggarai untuk pertama kalinya membuka diri bagi masyarakat umum. Pengunjung sangat antusias.

Antusiasme pengunjung Balai Yasa Manggarai sudah terlihat sejak pagi. detikTravel mengunjungi bengkel kereta api itu pada Selasa (27/9/2022) pukul 09.00 WIB. Saat itu, pengunjung sudah antre untuk mulai tur.

Executive Vice President Balai Yasa Manggarai Irwansyah mengatakan, pihaknya tidak menyangka antusiasme pengunjung bakal setinggi ini. Hal itu sudah terlihat dari registrasi online yang diisi ribuan orang.

"Animo registrasi online kemarin sudah waiting list sampai 5.000 orang. Kami inginnya open house terbuka tapi kalau sampai 5.000 orang seperti konser nanti. Edukasinya malah tidak sampai," katanya.

Melihat Lebih Dekat Bengkel Kereta Api di Balai Yasa ManggaraiPengunjung Balai Yasa Manggarai. Foto: Pradita Utama/detikcom

Oleh sebab itu, dengan berat hati, Balai Yasa Manggarai tidak dapat menampung seluruh pendaftar masuk. Mereka memberlakukan kuota yang terbatas.

"Registrasi kami batasi di hari pertama 1.000 orang. Hari ini 2.000 orang. Besok masih posisi 500, kemungkinan dibuka sampai 2.000," ujarnya.

Selain alasan edukasi, dibatasinya kuota pengunjung juga terkait keselamatan pengunjung. Sebagaimana diketahui, Balai Yasa Manggarai merupakan bengkel tempat perawatan dan perbaikan kereta sehingga pengunjung harus betul-betul diawasi keamanannya.

"Berhubung kami menjaga kaidah safety, untuk masalah safety harus dipatuhi," katanya.

Melihat Lebih Dekat Bengkel Kereta Api di Balai Yasa ManggaraiPengunjung Balai Yasa Manggarai. Foto: Pradita Utama/detikcom

Terkait keselamatan pengunjung, semua yang mengikuti tur di Balai Yasa Manggarai harus mengenakan helm khusus. Selain itu, pengunjung juga dipandu untuk berkeliling bengkel secara berkelompok.

Salah satu pengunjung, Aldi Amri, mengungkapkan dirinya sengaja datang dari rumahnya di Tanjung Priok dan mengambil cuti kerja demi melihat isi Balai Yasa Manggarai. Ia sendiri merupakan penggemar kereta api atau yang disebut sebagai railfans.

"Saya coba registrasi sejak hari Minggu tapi pas ku lihat Senin sudah penuh. Ada yang Selasa doang. Ya sudah datang saja," katanya.

Melihat Lebih Dekat Bengkel Kereta Api di Balai Yasa ManggaraiPengunjung Balai Yasa Manggarai. Foto: Pradita Utama/detikcom

Aldi mengaku senang dapat melihat bengkel kereta api secara langsung. Ia juga belajar banyak selama berada di sana.

"Pengalamannya enak bisa keliling Balai Yasa Manggarai. Pegawainya sopan-sopan dan ramah-ramah," ujarnya.

"Bisa berkeliling gerbong yang belum pernah ku lihat dalamnya. Lalu lihat lokomotifnya, apalagi lokomotif yang sudah dari zaman dulu seperti PB-306, Bonbon, dan lainnya," dia menambahkan.

Pembukaan Balai Yasa Manggarai untuk umum ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-77 PT KAI. Untuk Balai Yasa Manggarai dibuka mulai 26-28 September 2022. Selain itu, balai yasa lainnya, seperti Balai Yasa Yogyakarta dan Balai Yasa Surabaya, Gubeng juga mengadakan open house yang sama.



Simak Video "Mengenal Lebih Dekat Kereta Api di Open House Balai Yasa Manggarai"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA