Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 30 Sep 2022 15:50 WIB

TRAVEL NEWS

Cara Naik Kereta Api Jarak Jauh untuk Pemula, Begini Tahapannya

Dea Duta Aulia
detikTravel
Cara naik kereta api jarak jauh.
Foto: dok. KAI
Jakarta -

Khusus untuk pemula, menggunakan transportasi kereta api jarak jauh merupakan pengalaman yang menegangkan. Pasalnya terdapat beberapa tahapan dan mekanisme tertentu yang harus dilalui sebelum bisa naik ke dalam kereta.

Bagi para pemula yang ingin merasakan sensasi traveling dengan kereta api maka ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan. Sebab ada sejumlah imbauan yang mesti dijalankan oleh para penumpang demi kenyamanan bersama.

"Selama menggunakan kereta api, kami mengimbau para pelanggan untuk tidak membawa barang berlebihan dan menggunakan perhiasan yang mencolok untuk meminimalisir kemungkinan tindak kejahatan. Karena masih dalam situasi pandemi. Pastikan juga untuk tetap patuhi protokol kesehatan dan pastikan tubuh dalam kondisi sehat untuk keselamatan dan kesehatan diri, juga untuk orang-orang sekitar agar tetap merasa aman dan nyaman selama di perjalanan," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Jumat (30/9/2022).

Saat ini kereta api jarak jauh mulai kelas ekonomi hingga eksekutif telah dilengkapi dengan pendingin ruangan dan lebih rapi agar perjalanan traveling bersama kereta makin nyaman. Agar perjalanan traveling bersama kereta api makin nyaman, simak tips berikut

Tahapan Cara Naik Kereta Api Jarak Jauh

1. Pesan tiket

Sebelumnya, para penumpang harus merencanakan perjalanan dengan matang dan cermat. Salah satunya tentu saja terkait tiket perjalanan. Saat ini, pemesanan tiket kereta api dapat dilakukan di mana pun dengan mudah. Akan semakin mudah jika memesan tiket melalui aplikasi KAI Access karena berbagai fitur di dalamnya.

Cara naik kereta api jarak jauh.Ilustrasi antre tiket kereta api jarak jauh. Foto: dok. KAI

Selain itu, tiket juga dapat dipesan melalui website kai.id ataupun channel resmi penjualan tiket KAI lainnya. Saat memesan tiket, para penumpang akan diminta untuk memilih stasiun asal dan stasiun tujuan, tanggal berangkat, serta jumlah penumpang. Kemudian siapkan nomor kartu tanda penduduk dan pilihlah kursi yang ingin kalian duduki saat di kereta. Terakhir lakukanlah pembayaran sesuai dengan harga tiket yang kalian pesan.

2. Datang Lebih Awal ke Stasiun

Jadwal kereta api saat ini on time. Jadi jangan sekali-kali datang terlambat jika tidak ingin tertinggal. Oleh karena itu, usahakan datang lebih awal sebelum jadwal perjalan kereta. Lebih baik menunggu di stasiun, ketimbang ketinggalan kereta api.

Cara naik kereta api jarak jauh.Cara naik kereta api jarak jauh. Foto: dok. KAI

3. Lakukan Check-in dan Cetak Boarding Pass

Cara naik kereta api selanjutnya, yakni melakukan check-in. Tahapan ini harus dilakukan sebelum pemberangkatan. Apabila para penumpang membeli tiket melalui KAI Access maka tidak perlu cetak boarding pass di stasiun. Para penumpang dapat melakukan check-in melalui aplikasi mulai 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Namun untuk pembelian tiket di luar aplikasi KAI Access, para penumpang harus mendatangi mesin check-in mandiri yang disediakan di zona 3 stasiun keberangkatan. Agar tak tertinggal, pastikan telah melakukan check-in dan mencetak boarding pass sekurang-kurangnya satu jam sebelum pemberangkatan. KAI mengizinkan untuk melakukan check-in minimal 7×24 jam sebelum tanggal keberangkatan.

4. Siapkan Boarding Pass dan Kartu Identitas

Untuk masuk ke zona 2 stasiun para penumpang harus menunjukkan boarding pass dan kartu identitas kepada petugas boarding. Petugas akan memindai boarding pass dan dicocokkan dengan kartu identitas penumpang. Petugas juga akan menginformasikan waktu kedatangan dan posisi jalur kereta nanti. Bagi penumpang yang berusia 18 tahun ke atas, wajib untuk vaksin booster. Sedangkan usia 6-17 tahun wajib telah melakukan vaksinasi kedua. Bila semua persyaratan sudah lengkap tinggal masuk dan menunggu waktu keberangkatan di zona 2.

5. Tunggu Kedatangan Kereta Api

Setelah masuk ke area zona 2, selanjutnya hanya perlu menunggu kedatangan kereta api. Jangan ragu bertanya kepada petugas jika bingung mencari peron kereta. Saat menunggu, para penumpang dapat menggunakan waktu untuk sekadar ngemil, membaca berita, buka sosial media, atau melakukan kegiatan positif lainnya. Di ruang tunggu zona 2 juga terdapat beberapa fasilitas untuk pelanggan seperti tempat duduk, charging station, toilet, musala, dan sebagainya.

6. Naik Kereta Api dan Duduk Sesuai Nomor Kursi di Tiket

Petugas akan memberikan pengumuman melalui pengeras suara ketika kereta akan tiba. Para penumpang hanya tinggal masuk ke zona 1 dan petugas akan mengarahkan menuju kereta. Jangan lupa untuk membaca dengan seksama nama kereta dan nomor kursi yang ada pada boarding pass.

Pastikan masuk ke kereta api dan duduk sesuai dengan nomor yang sudah dipesan. Simpan barang bawaan di tempat penyimpanan yang sudah tersedia. Setelah itu, penumpang hanya perlu duduk manis sambil menunggu kereta berangkat.



Simak Video "KAI Expo 2022 Suguhkan 77 Ribu Promo Tiket Kereta Api"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA