Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 10 Okt 2022 08:52 WIB

TRAVEL NEWS

Disbudpar Lebak soal 4 Warga Tertimbun Longsor di Desa Wisata

Fathul Rizkoh
detikTravel
Tanah longsor di Desa Citorek Tengah, Cibeber, Lebak, Banten tewaskan dua warga perempuan, Sabtu (8/10/2022).
Tanah longsor di Desa Citorek Tengah, Cibeber, Lebak, Banten tewaskan dua warga perempuan, Sabtu (8/10/2022). (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Pembangunan jalan ke tempat wisata di Desa Citorek Tengah, Cibeber, Lebak, Banten, longsor dan menimbun empat warga, dengan dua di antaranya meninggal dunia. Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Lebak buka suara.

Sejak pekan lalu dibangun sarana prasana penunjang tempat wisata namun lokasinya ada di Desa Citorek Timur tepatnya di depan gerbang Wewengkon, Kasepuhan Citorek. Warga ikut dalam pengerjaannya.

Petaka itu terjadi pada Sabtu (8/10/2022). Empat orang tertimbun longsor dan dua di antaranya tewas. Empat korban meninggal dunia itu merupakan perempuan itu sedang mengambil pasir dan tanah di area tebing, longsor tiba-tiba terjadi.

"Kejadiannya di Citorek Tengah (longsor), kalau kita kegiatan pariwisata di Citorek Timur, pas di pintu masuk (Wewengkon Kasepuhan Citorek)" kata Imam dimintai keterangan, seperti dikutip dari detikJabar, Senin (10/10/2022).

"Nggak ada pembangunan jalan pariwisata, kita mah membangun sarana prasarana lain," kata dia.

Kata Imam, Desa Citorek menjadi desa wisata, salah satu penunjang Geopark Bayah Dome. Disbudpar sendiri tengah membangun sarana prasarana dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pariwisata 2022 senilai Rp 7,4 Miliar untuk 8 paket kegiatan.

Delapan paket kegiatan itu seperti parkir, tourist information center (TIC), musala, toilet, gazebo, lanskap, toko cenderamata, dan lainnya. Pekerjaan ini sudah berjalan dari bulan Agustus lalu.

"Itu desa wisata, yang masuk Geopark Gunung Luhur, Negeri di Atas Awan, yang ini (sedang dibangun) penunjangnya. Jadi nanti pas gerbang wewengkon bikin ada tempat parkir, toko cenderamata, musala, fasilitas aja di situ. Jadi orang sebelum masuk ke sana (wisata) transit di situ, baru kalau mau ke Gunung Luhur, Gunung Kendeng, Citorek Tengah, kemana-mana objek yang ada di Citorek pakai angkutan lokal," tuturnya.

Di Citorek Tengah, kata Imam, akan ada usaha tani berupa perkebunan buah yang juga jadi menunjang pariwisata. Tapi, pekerjaan jalan dan perkebunannya bukan di pariwisata.

"Iya bisa jadi wisata penunjang. Promosinya ada di kami tapi pengelolaannya bukan," kata dia.

Sebelumnya, empat warga Desa Citorek Tengah, Cibeber, Lebak, Banten, tertimbun tanah longsor. Dua di antaranya tewas.

"Posisi Gunung Keneng itu lagi ada proyek pembukaan akses jalan. Warga ikut dalam pengerjaannya, iya ngambilin tras kalau bahasa orang sini mah. Pasir sama tanah gitu, iya (material membuat jalan)," kata saksi mata.



Simak Video "Menikmati Hidangan Lezat yang Menggugah Selera, Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT