Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 14 Okt 2022 21:05 WIB

TRAVEL NEWS

Pengalaman Naik Turkish Airlines, Bawa Peliharaan ke Kabin Boleh Kok

Turkish Airlines
Foto: Pesawat Turkish Airlines (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)
Jakarta -

Kasus pilot MJ yang bikin onar di Turkish Airlines bikin heboh. Sempat diduga mabuk, tapi disangkal karena perkara anjing. Padahal, ada aturan yang memperbolehkan.

Menurut pengalaman saya naik Turkish Airlines sepulang liputan dari Turki minggu lalu, membawa hewan peliharaan ke kabin memang diperbolehkan kok. detikTravel naik penerbangan Turkish Airlines TK508 yang berangkat dari Istanbul menuju ke Jakarta di hari Kamis (6/10).

Pesawat take off dari Istanbul pada pukul 20.50 waktu setempat. Jika sesuai jadwal, maka pesawat akan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada pukul 12.25 WIB, Jumat keesokan harinya.

Nah di penerbangan tersebut, detikTravel duduk di kursi 34G. Beberapa baris di belakang kursi saya, ada penumpang pesawat yang membawa serta hewan peliharannya terbang ke Jakarta. Penumpang wanita itu membawa serta hewan peliharaan berupa kucing.

Saya sempat melihat mereka ketika berjalan menuju ke toilet. Namun sayang, saya tidak sempat memotretnya. Selain ribet harus mengeluarkan kamera, ini terkait privasi dan kesopanan juga.

Dia menempatkan kucing peliharaan itu di dalam kandang. Kemudian kandangnya ditempatkan di kursi di sebelahnya. Meski bukan manusia, tapi kucing itu beli 1 tiket sendiri dari Istanbul menuju ke Jakarta.

Traveling with Pets Turkish AirlinesTraveling with Pets Turkish Airlines Foto: dok. Turkish Airlines

Turkish Airlines sendiri adalah salah satu maskapai yang memperbolehkan traveler membawa serta hewan peliharaannya, baik itu kucing maupun anjing. Di penerbangan sebelumnya, detikTravel juga melihat ada traveler yang membawa serta anjingnya. Namun anjingnya berukuran kecil, karena jenisnya Pomeranian.

Dalam situsnya, Turkish Airlines menjelaskan dengan detail aturan membawa hewan peliharaan. Hewan itu harus sehat, dibuktikan dengan surat dokter, punya paspor/identitas, tidak sedang hamil tua, dan aneka ketentuan lainnya.

Sepanjang perjalanan menuju ke Jakarta sendiri, kucing yang dibawa penumpang wanita tadi tidak banyak membuat keributan. Hanya sesekali mengeong saja. Sang pemilik wajib menyediakan makanan sendiri untuk hewan peliharaannya.

11 Jam lebih perjalanan menuju ke Jakarta detikTravel lalui tanpa kendala. Baik saat take off maupun landing, semuanya berlangsung mulus dan nyaman.

Soal menu makanan, perjalanan Istanbul-Jakarta akan diberikan dua kali in-flight meal. Satu kali dinner, dan satu kali breakfast sebelum mendarat di Jakarta. Traveler akan diberikan pilihan menu, antara nasi dengan daging kambing atau pasta rigatoni dengan keju parmesan.

Sementara untuk menu breakfast, pilihannya ada omelet atau sandwich. Soal rasa sih, Turkish Airlines patut diacungi jempol. Dibanding maskapai lain, rasa makanan pesawat Turkish Airlines masih termasuk yang terbaik.

Naik Turkish Airlines termasuk salah satu pengalaman naik pesawat terbaik detikTravel. Semoga insiden kekacauan yang sempat terjadi di penerbangan Turkish Airlines kemarin tidak terjadi lagi di masa depan ya.



Simak Video "WNI yang Ribut di Turkish Airlines Bantah Mabuk: Boro-boro Minum"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA