Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 15 Okt 2022 15:44 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Sambangi Desa Wisata Baduy, Disambut Permainan Angklung

Fathul Rizkoh
detikTravel
Menparekraf, Sandiaga Uno disambut permainan angklung di Baduy, Lebak.
Foto: Fathul Rizkoh/detikcom
Lebak -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno menyambangi desa wisata Baduy di Lebak, Banten. Kedatangannya disambut dengan permainan alat musik tradisional angklung.

Sandi berkunjung untuk memantau desa wisata Baduy yang masuk dalam 50 besar dari 3.000 pendaftar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022. Perkampungan Baduy menjadi lokasi terakhir yang dikunjungi.

Pantauan di lokasi, Sandi datang sekitar pukul 10.00 WIB. Selain disambut dengan permainan angklung, ia juga disambut Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Kepala Disbudpar Lebak Imam Rismahayadin, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lebak.

"Sampurasun," kata Sandi di lokasi, Sabtu (15/10/2022).

"Rampes," balas Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

Menparekraf, Sandiaga Uno disambut permainan angklung di Baduy, Lebak.Menparekraf Sandiaga Uno di Baduy, Lebak. Foto: Fathul Rizkoh/detikcom

Sandi kemudian diajak berbincang dengan Bupati Lebak dan jajarannya di Rumah Gede milik Jaro Saijah atau Kepala Desa Kanekes. Salah satu yang dibahas adalah tentang peningkatan kunjungan wisatawan dan pendampingan bagi desa wisata.

Demi meningkatkan kunjungan wisatawan, ada aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat Baduy. Salah satunya meminta bantuan sound sistem portabel untuk mendukung kesenian di sana.

Selain itu, ada aspirasi meminta bantuan wajan. Wajan ini digunakan untuk membuat dodol saat perayaan pernikahan, sunatan, dan ritual lainnya.

"Road show desa wisata terbaik, 50 desa wisata (dari 3.000 desa wisata) dan ini menjadi desa wisata penutup dalam rangkaian ADWI 2022. Mugi-mugi kunjungan kami ke sini bisa memberikan bantuan, selain apa yang disampaikan langsung dieksekusi, yaitu kebutuhan sound sistem (portabel) dan wajan tapi ada beberapa program infrastruktur yang bisa kita hadirkan dalam konsep DAK, dan dukungan bersama Ibu Bupati," kata Sandi.



Simak Video "Ekraf Indonesia Diproyeksikan Bisa Salip Korsel 5 Tahun Mendatang"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali Selengkapnya