Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 15 Okt 2022 17:10 WIB

TRAVEL NEWS

Baduy Masuk 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Fathul Rizkoh
detikTravel
Desa Baduy
Foto: Fathul Rizkoh/detikcom
Jakarta -

Saba Budaya Baduy di Lebak, Banten, masuk dalam 50 desa wisata terbaik se-Indonesia. Baduy menjadi desa terbaik dari 3.000 desa wisata yang ada di Indonesia.

"Road show desa wisata terbaik, 50 desa wisata (dari 3.000 desa wisata) dan ini menjadi desa wisata penutup dalam rangkaian ADWI 2022," kata Menparekraf Sandiaga Uno kepada awak media di Perkampungan Baduy, Sabtu (15/10/2022).

ADWI merupakan salah satu program unggulan penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia. Ada tujuh kriteria yang menjadi penilaian, dan Baduy masuk dalam ketujuh kriteria itu.

"Aksesibilitas yang beberapa tempat yang digunakan untuk peningkatan kunjungan wisatawan, dan saya sangat terkesan ada aspek budayanya. Ini kearifan lokal, kita jaga kelestarian budayanya. Baduy ini kekayaan kita, sama-sama kita lestarikan dan jadikan untuk anak cucu kita," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengaku senang Baduy masuk dalam 50 terbaik dalam ADWI 2022. Meskipun belum diumumkan sebagai pemenang, dia berharap Baduy bisa menjadi pemantik bagi desa wisata lain di Lebak.

"Yang masuk ADWI baru ini (di Lebak), desa wisata saba budaya Baduy. Dan kita berharap ini bisa menjadi pemantik bagi desa wisata lain di Lebak," kata Iti.

Lebih lanjut, Iti mengaku akan terus melakukan pembinaan untuk meningkatkan wisata di Baduy. Dia pun berharap ada keterlibatan dari akademisi dan para mitra dalam mendukung perkembangan Saba Budaya Baduy.

"Ini menjadi satu harapan baru kita, ini harus berkolaborasi bersinergis dengan pola pentalehik bukan hanya pemerintah, tapi mitra strategis, akademisi. Upaya kita tentunya ingin (budaya Baduy) tetap dilestarikan. Karena Baduy berbeda, kalau di lain desa wisata (menghadirkan) apa yang di mau wisatawan, kalau ini (Baduy) wisatawan harus mengikuti tatanan adat di sini. Semoga ini tetap menjadi wisata budaya dan kita sama-sama menjaga lingkungan tetap hijau dan lestari," jelasnya.

Iti juga berharap, Saba Budaya Baduy bisa menang saat ADWI 2022 nanti. Diketahui, puncak ADWI akan dilaksanakan 30 Oktober nanti.

"Semoga Baduy jadi pemenang yah," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno menyambangi desa wisata Baduy di Lebak, Banten. Kedatangannya disambut dengan permainan alat musik tradisional angklung.

Sandi berkunjung untuk memantau desa wisata Baduy yang masuk dalam 50 besar dari 3.000 pendaftar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022. Perkampungan Baduy menjadi lokasi terakhir yang dikunjungi.



Simak Video "Menempuh Puluhan Kilometer Berjalan Menemui Bupati, Banten"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA