Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 16 Okt 2022 10:16 WIB

TRAVEL NEWS

Ikuti Jejak Prancis, Inggris Diminta Hapus Penerbangan Domestik

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Syarat penerbangan domestik terbaru diberlakukan untuk pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang akan bepergian dengan pesawat. Cek selengkapnya di sini.
Ilustrasi dalam pesawat. Foto: Getty Images/EllenMoran
Jakarta -

Sebuah lembaga think tank Inggris mendesak pemerintahnya untuk menghapus penerbangan domestik dan beralih menggunakan kereta api.

Banyak negara yang mulai menyadari pentingnya mengedepankan pariwisata dan perjalanan berkelanjutan. Banyak dari mereka yang mulai mengedepankan perjalanan darat menggunakan kereta dan mengurangi perjalanan udara.

Salah satu negara yang sudah melarang penerbangan domestik jarak pendek adalah Prancis. Dilansir dari Airport Technology, aturan ini mulai diberlakukan sejak April 2022. Ini merupakan salah satu upaya Prancis demi mengurangi emisi karbon. Sesuai dengan targetnya untuk mengurangi 40 persen emisi karbon pada tahun 2030.

Dilansir dari Mirror UK, sebuah lembaga think tank bernama The Intergenerational Foundation telah mendesak pemerintah Inggris untuk mengembalikan perjalanan kereta domestik. Agar masyarakat beralih dari perjalanan udara ke perjalanan darat.

Mereka mendesak diberlakukannya aturan ini setelah melihat penerapan aturan yang sama di Prancis. Menurut mereka dengan menghapus penerbangan domestik dan beralih menggunakan kereta, Inggris dapat mengurangi setengah emisi karbon dari penerbangan dalam negeri.

"Jika Prancis dapat melarang penerbangan domestik dengan kereta api yang setara, maka Inggris juga bisa," kata Co-Founder The Intergenerational Foundation Angus Hanton seperti dikutip Mirror.

Dengan kondisi dunia yang semakin mengkhawatirkan, mengurangi emisi karbon dengan cara mengurangi jumlah penerbangan adalah langkah kunci.

Jika perjalanan darat atau laut ke dataran Eropa masih dianggap terlalu mahal dan memakan waktu. Maka pengalihan ke perjalanan darat di dalam Inggris masih sangat mungkin.

Lembaga think tank ini telah mendesak pemerintah Inggris untuk mendorong perjalanan kereta. Mereka meminta agar pemerintah melarang adanya penerbangan domestik dalam rute yang masih bisa ditempuh selama kurang dari 4,5 jam menggunakan kereta.

Dengan cara ini, disebutkan bahwa Inggris dapat mengurangi emisi karbon dari penerbangan dalam negeri sebanyak 53 persen. Ini merupakan angka yang cukup besar dan sangat mungkin dicapai.

Dari total jumlah emisi karbon yang berasal dari penerbangan domestik, sebanyak 62 persennya berasal dari rute antar kota yang masih terhubung oleh kereta. Rute-rute yang masih bisa digantikan oleh perjalanan kereta.

"Melarang penerbangan domestik yang masih memiliki alternatif yang layak menggunakan kereta api akan menjadi cara yang lebih cepat untuk mencapai target Net Zero, sebuah kontribusi kecil namun penting untuk melindungi generasi mendatang dari dampak perubahan iklim," ujarnya.



Simak Video "Indonesia Menuju Transisi Energi"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA