Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 17 Okt 2022 08:22 WIB

TRAVEL NEWS

Dioper Sana Sini gegara Invasi Rusia, 9 Singa Ukraina Berakhir di Colorado

bonauli
detikTravel
A male lion is seen at the Masai Mara National Reserve in Kenya 03 August 2002. More than a million wildbeests and zebras cross anually the border betwen Tanzanias Serengueti Plains and Kenyas Masai Mara National Reserve in search of fresh  grass and water. 
      AFP PHOTO/Pedro UGARTE / AFP / PEDRO UGARTE
Ilustrasi singa (AFP PHOTO/PEDRO UGARTE)
Colorado -

Awal invasi Rusia ke Ukraina diwarnai dengan penyelamatan satwa-satwa kebun binatang. Setelah dioper ke sana kemari, mereka akhirnya bisa tinggal menetap.

Dilansir dari CNN, begitulah nasib dari sembilan ekor singa yang diselamatkan dari Ukraina. Tujuh singa dewasa dan dua anaknya itu berasal dari Kebun Binatang Bio Park di Odessa, Ukraina.

Singa-singa itu meninggalkan Ukraina dengan diangkut melintasi Moldova menuju Rumania pada pertengahan Maret 2022. Perjalanan itu mencapai 965 km yang tentunya sangat melelahkan.

Singa-singa ini tiba di Kebun Binatang Targu Mures di wilayah Transylvania Rumania pada 24 Mei.

Namun, ternyata Rumania bukanlah tempat tinggal mereka. Singa-singa itu direncanakan untuk terbang lagi ke Colorado. Ya, Colorado sebuah negara bagian barat di Amerika Serikat (AS).

Tetapi, singa-singa itu tidak bisa langsung terbang. Mereka menghabiskan waktu berbulan-bulan di Rumania untuk menunggu surat izin perjalanan darurat agar bisa terbang ke Colorado.

Setelah melewati proses panjang, sembilan singa ini akhirnya tiba di The Wild Animal Refuge Colorado sebagai penghuni tetap di sana. Aksi penyelamatan ini dilakukan oleh The Wild Animal Sanctuary, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Keenesburg, Colorado.

The Wild Animal Refuge merupakan cagar alam yang memiliki luas hampir 10.000 hektare di dekat Springfield, Colorado. Fasilitas ini tidak terbuka untuk umum.

Berbeda dari sembilan singa ini, dua singa lain dari Ukraina dikirim ke Suaka Margasatwa Simbunga di Eastern Caoer, Afrika Selatan. Dua kucing besar bernama Mir dan Simba ini juga tinggal sementara di Rumania bersama sembilan kucing besar lainnya yang dikirim ke Colorado.

"Operasi penyelamatan internasional hampir selalu lebih kompleks, tetapi kemudian Anda mempertimbangkan berbagai pemerintah asing dan jadwal untuk mengizinkan, beberapa di antaranya dengan zona perang aktif," kata Pat Craig, direktur eksekutif The Wild Animal Sanctuary.

"Kami bersyukur kami bisa mengeluarkan semua singa tepat waktu dan menyelamatkan mereka. Itu yang penting. Mereka akan menjalani sisa hidup mereka di habitat alami yang besar dan murni," Craig menambahkan.



Simak Video "Kaleidoskop 2022: Rusia-Ukraina Belum Ada Tanda-tanda Gencatan Senjata"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA