Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 18 Okt 2022 16:42 WIB

TRAVEL NEWS

Murah Banget! Naik Gunung Argopuro dari Jakarta Ongkosnya Rp 600 Ribu-an

Josephine Widya
detikTravel
Gunung Argopuro di Situbondo
Gunung Argopuro di Situbondo (Foto: Josephine Widya/detikcom)
Situbondo -

Suka dengan kegiatan di alam terbuka? Naik gunung di Situbondo mungkin bisa menjadi pilihan karena view-nya menawan, perpaduan antara savana ang maha luas dan pepohonan.

Gunung itu Gunung Argopuro. Gunung setinggi 3.088 Mdpl tersebut berada di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Letaknya di tenggara Kota Surabaya dan bisa ditempuh 5 jam dengan menggunakan bus umum.

Ongkos perjalanan ke Argopuro cukup murah lho andai kita berangkat dari Jakarta. Cukup Rp 600 ribu per orang untuk berangkat dan pulang. Terjangkau kan...

Gunung Argopuro di SitubondoGunung Argopuro di Situbondo Foto: Josephine Widya/detikcom

Dari Jakarta, gunung yang diberi predikat sebagai gunung dengan trek pendakian terpanjang di Jawa itu dapat ditempuh menggunakan kereta. Pilihlah kereta ekonomi Airlangga dari Stasiun Pasar Senen Jakarta ke Stasiun Pasar Turi Surabaya.

Waktu tempuh Jakarta-Surabaya kurang lebih 12 jam. Apabila ingin menggunakan kereta yang lebih nyaman dan lebih cepat bisa gunakan kereta eksekutif. Tapi, tentu saja ongkosnya lebih mahal.

Sampai di Stasiun Pasar Turi lanjut perjalanan ke Terminal Purabaya dengan ojek dan lanjutkan perjalanan menggunakan Bus Akas ke Terminal Besuki melewati Kota Probolinggo dengan waktu tempuh sekitar 5 jam.

Nah, dari Terminal Besuki sudah sangat dekat dengan Desa Baderan, Kabupaten Situbondo, tempat awal mulai pendakian Gunung Argopuro, gunakan ojek agar lebih cepat sampai ke basecamp pendakian Gunung Argopuro via Baderan.

Untuk menikmati seluruh keindahan alam gunung yang kerap disebut Argapura, disarankan untuk melakukan pendakian lintas jalur Baderan-Bremi, sehingga turun gunung nanti akan sampai di Desa Bremi, Krucil, Probolinggo.

Selain padang rumput savana yang sangat luas, gunung ini juga memperlihatkan kecantikan bunga-bunga yang dapat memukau mata dan juga kawah belerang yang sudah kering. Pendakian lintas jalur ini hanya memakan 4 sampai 6 hari saja hingga sampai lagi ke Basecamp Bremi.

Setelah selesai pendakian boleh ya istirahat sejenak dan bersih-bersih di Basecamp Bremi sebelum kembali menempuh perjalanan ke Jakarta.

Untuk sampai ke Stasiun Surabaya lagi, kita bisa naik Bus Akas yang lewat depan basecamp sampai ke Kota Probolinggo, lanjut gunakan ojek ke Stasiun Probolinggo dan naik Kereta Probowangi ke Stasiun Surabaya Gubeng.

Perjalanan terakhir untuk sampai Jakarta naik Kereta Jayakarta saja dengan waktu tempuh sekitar 12 jam agar sampai ke Stasiun Pasar Senen lagi.

Begini detail paket hemat ke Gunung Argopuro:

1. Tiket KA Airlangga Jakarta-Surabaya: Rp 107.000
2. Ojek Stasiun Pasar Turi-Terminal Purabaya: Rp 27.000
3. Tiket bus Purabaya-Besuki: Rp 70.000
4. Ojek Besuki-Basecamp Baderan: Rp 55.000
5. Tiket bus Basecamp Bremi-Probolinggo: Rp 31.000
6. Ojek Probolinggo-Stasiun Probolinggo: Rp 20.000
7. Tiket KA Probowangi Probolinggo-Surabaya: Rp 27.000
8. Tiket KA Jayakarta Surabaya-Jakarta: Rp 265.000

Jadi untuk transportasi pendakian Gunung Argopuro cukup siapkan biaya Rp 600.000 untuk pulang-pergi.

Selamat liburan...



Simak Video "Hujan Deras Guyur Probolinggo, Jembatan di Lereng Argopuro Putus!"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA