Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 20 Okt 2022 10:45 WIB

TRAVEL NEWS

Yuk ke Yogyakarta, Ada Festival Batik dengan Ratusan Motif

Suasana Festival Batik Tahun 2022 di Jogja Expo Center (JEC), Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Rabu (19/10/2022).
Festival Batik di JEC (Pradito Rida Pertana/detikJateng)
Jakarta -

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar Festival Batik 2022 bertajuk Jagaddhita Batik Jogja Istimewa Mendunia' di Jogja Expo Center (JEC). Festival yang berlangsung 19-23 Oktober ini menyuguhkan pameran ratusan motif batik hingga seminar batik.

Kepala Disperindag DIY Syam Arjayanti menjelaskan Festival Batik 2022 mengacu penobatan DIY menjadi Jogja Kota Batik Dunia oleh World Craft Council (WCC) di Dongyang, Tiongkok, pada tanggal 18 Oktober 2014. Penghargaan tersebut karena DIY memenuhi 7 kriteria kota kerajinan dunia yang ditetapkan oleh WCC.

Adapun ketujuh kriteria seperti nilai historis, orisinalitas, upaya konservasi melalui regenerasi, nilai ekonomi, ramah lingkungan, reputasi internasional, dan konsistensi. Berkaca hal tersebut, pihaknya menggelar pameran batik berlangsung 19-23 Oktober di JEC. Sedangkan seminar batik mengambil tempat di Hotel Grand Dafam Rohan Jogja, 20 Oktober 2022.

"Selanjutnya, ada juga fashion show batik di JEC dan lomba design festival batik," kata Syam kepada wartawan di JEC, Bantul, Rabu (19/10/2022).

Suasana Festival Batik Tahun 2022 di Jogja Expo Center (JEC), Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Rabu (19/10/2022).Suasana Festival Batik Tahun 2022 di Jogja Expo Center (JEC), Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Rabu (19/10/2022). Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng

Secara detail, untuk lomba desain batik ada 2 kategori, yakni kategori umum dan kategori pelajar/mahasiswa. Nantinya, masing-masing kategori diambil 12 nominator dan akan ditentukan menjadi juara 1, 2 dan 3 serta harapan 1, harapan 2 dan harapan 3.

"Untuk pameran batik diikuti 170 IKM (industri kecil menengah) dari berbagai wilayah di Indonesia. Kalau seminar batik diikuti 100 peserta dan narasumber seminar batik terdiri narasumber asal Pekalongan dan Solo dan fashion show diikuti 80 desainer," ujarnya.

Syam menambahkan, dengan adanya festival tersebut pihaknya ingin mengembangkan potensi IKM batik dan turunannya di DIY. Selanjutnya melestarikan warisan budaya khususnya batik dan mempertahankan predikat Jogja sebagai Kota Batik Dunia.

"Untuk tujuan dari festival batik 2022 ini kami ingin mengembangkan potensi IKM batik dan turunannya di DIY. Selain itu melestarikan warisan budaya khususnya batik," imbuhnya.

---

Artikel ini telah tayang di detikJateng.



Simak Video "Momen Arumi Bachsin Jadi Model Catwalk di Festival Batik 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA