Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 27 Okt 2022 21:38 WIB

TRAVEL NEWS

Siap-siap! Bali Terapkan PPKM Selama G20

Tim detikcom
detikTravel
Suasana di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Jumlah penumpang yang dilayani di Bandara Ngurah Rai tembus di angka 1 juta orang sepanjang Mei 2022.
Foto: Istimewa/Humas Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali
Jakarta -

Pemerintah Provinsi Bali menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) selama G20 berlangsung. Seperti apa rencananya?

Sekolah dan universitas di wilayah Kecamatan Kuta, Kecamatan Kuta Selatan, dan Kecamatan Denpasar Selatan, melaksanakan belajar daring pada 12-17 November 2022.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor: 35425/SEKRET/2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dalam Rangka Penyelenggaraan Presidensi G20, yang dikeluarkan Gubernur Bali Wayan Koster, Selasa (25/10/2022).

PPKM tidak hanya diterapkan di sekolah dan universitas, tetapi juga kegiatan perkantoran di wilayah tersebut dilaksanakan kerja dari rumah (Work From Home). Selain itu, juga meliputi pembatasan kegiatan upacara adat dan keagamaan, kecuali fasilitas kesehatan.

SE Gubernur Bali dikeluarkan dengan pertimbangan pentingnya rangkaian Presidensi G20 dan pertemuan puncak pemimpin negara G20 di Bali pada 15-16 November 2022, yang akan menentukan kemajuan peradaban dunia era baru dengan tatanan kehidupan baru pascapandemi.

Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan, pembatasan kegiatan masyarakat di beberapa wilayah dilakukan untuk memastikan penyelenggaraan rangkaian pertemuan Presidensi G-20 berlangsung lancar, nyaman, aman, damai, dan sukses.

"Kami permaklumkan kepada warga yang tinggal atau beraktivitas di wilayah tersebut, dan berharap kepada seluruh masyarakat Bali untuk bersama-sama mendukung kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan pertemuan Presidensi G20 demi nama baik Indonesia, khususnya Bali," kata Dewa Indra dalam keterangan tertulis dan dikutip Kamis (27/10/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung I Putu Eka Merthawan menuturkan perkantoran di Kecamatan Kuta dan Kuta Selatan wajib menerapkan work from home pada 12-17 November 2022.

"Semua perusahaan wajib WFH pada saat G20 sesuai SE Gubernur," kata Merthawan, Rabu (26/10/2022).

Camat Kuta Selatan I Ketut Gede Darta juga mulai mensosialisasikan Surat Edaran tersebut bersama TNI dan Polri. Bahkan, warga Kuta Selatan disebut siap menggeser jadwal upacara adat untuk mendukung Presidensi G20.

"Kami bersama stakeholder terkait, TNI dan Polri, sudah melaksanakan sosialisasi ke warga di Kelurahan Benoa," katanya.

Pemerintah Provinsi Bali juga akan melakukan pembatasan kegiatan masyarakat di lima jalur menuju lokasi pelaksanaan Presidensi G20 di Bali.

Berikut daftar lima jalur yang diterapkan PPKM di Bali:

Jalur menuju Hotel Apurva Kempinski pada tanggal 12-17 November 2022
Jalur menuju ITDC Nusa Dua pada tanggal 12-17 November 2022
Jalur Tol Bali Mandara pada tanggal 12-17 November 2022
Jalur menuju GWK pada pada tanggal 15 November 2022
Jalur menuju Penyemaian Mangrove Kawasan Tahura pada tanggal 15-16 November 2022



Simak Video "Sederet Daerah Jawa-Bali yang Terapkan PPKM, Jabodetabek Masuk Level 2"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA