Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 03 Nov 2022 12:22 WIB

TRAVEL NEWS

Catat! Cara Dapat Visa Waiver Jepang Buat Liburan ke Negeri Sakura

Tim detikcom
detikTravel
People stop to take pictures as they walk on a sidewalk under a canopy of cherry blossoms Sunday, March 27, 2022, in Tokyo. (AP Photo/Kiichiro Sato)
Foto: Ilustrasi Jepang (AP Photo)
Jakarta -

Mulai 11 Oktober 2022, Jepang sudah membuka pintu perbatasan untuk turis asing. Traveler yang mau liburan ke sana, simak dulu cara dapat visa waiver Jepang ya!

Jepang menerapkan kebijakan bebas visa untuk turis individu, tidak harus berkelompok dan melalui agen travel lagi. Namun jangan girang dulu, aturan ini tentunya berlaku untuk negara-negara yang bebas visa ke Jepang.

Indonesia sendiri tidak termasuk dalam daftar negara bebas visa untuk masuk ke Jepang. Namun bagi pemegang paspor elektronik alias e-paspor, kalian bisa mengajukan visa waiver untuk liburan ke Jepang.

Mengutip dari laman resmi kedutaan Jepang, visa Waiver Jepang adalah Bebas Visa ke negeri Sakura. Jadi, bagi Anda yang ingin bepergian ke Jepang, Anda tidak perlu mengajukan permohonan visa apabila memiliki Visa Waiver.

Namun, ada syarat tertentu yang harus diketahui sebelum mendapatkan Visa Waiver Jepang. Melansir sumber yang sama, berikut syarat dan ketentuan untuk dapat visa Waiver ke Jepang:

1. Memiliki e-paspor

Syarat Bebas Visa Jepang yang pertama adalah seorang WNI yang sudah memiliki e-paspor (paspor dengan logo chip di bagian sampul depan). Dengan e-paspor, Anda bisa mendapatkan Visa Waiver Jepang secara gratis. Cara membuatnya pun cukup mudah.

2. Mengisi form dan registrasi e-paspor

Jika e-paspor sudah dalam genggaman, langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi untuk mendapatkan Bebas Visa Jepang. Anda bisa mengisi form yang disediakan oleh Kedutaan Besar Jepang dan registrasi dilakukan di Kantor Kedutaan Besar Jepang yang ada di Indonesia.

3. Menerima bukti registrasi

Setelah melakukan registrasi e-paspor, Kedutaan Besar Jepang akan memberikan bukti registrasi. Bukti tersebut akan menunjukkan tujuan perjalanan berupa kunjungan singkat selama 15 hari.

Perlu diketahui bahwa bukti registrasi ini berlaku untuk 3 tahun atau sampai batas akhir berlaku paspor. Selain itu, proses registrasi Bebas Visa Jepang dapat memakan waktu 2 hari kerja.



Simak Video "Jepang Buka Wisata Individu Bebas Visa dan Hapus Pembatasan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali Selengkapnya