Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 06 Nov 2022 22:10 WIB

TRAVEL NEWS

Simpang Lima Semarang yang Kedua: Ada Hutan Kota-Telan Anggaran 9 M!

Rencana bentuk Simpang Lima kedua di Semarang.
Foto: SImpang Lima Semarang yang Kedua (dok. Pemkot Semarang)
Semarang -

Semarang bakal punya Simpang Lima Kedua. Rencana pembangunannya sudah ada. Di tengahnya akan ada hutan kota dan menelan anggaran 9 Miliar!

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang telah mengalokasikan anggaran pembangunan Simpang Lima kedua senilai Rp 9 miliar. DPU juga menargetkan pengerjaan Simpang Lima kedua rampung pada tahun 2023.

"Pembangunan Simpang Lima kedua ini dianggarkan Rp 9 Miliar. Dan ditargetkan rampung pada tahun 2023 mendatang," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang Sih Rianung dikutip dari situs resmi Pemkot Semarang pada Minggu (6/11/2022).

Menurut Rianung, konsep pembangunan Simpang Lima kedua ini akan berupa taman dan jalan. Pengerjaan taman akan dilakukan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) dan pengerjaan jalan akan dikerjakan oleh DPU.

"Nantinya konsep Simpang Lima kedua, ada bundaran atau berupa taman melingkar yang akan dikerjakan dari Disperkim. Sedangkan jalannya dari PU dengan menutup saluran di depan Wonderia," kata Rianung.

Lebih lanjut, Rianung menjelaskan bahwa jalan di lokasi Simpang Lima kedua akan dilebarkan dari arah Metro Peterongan menuju Jalan Pahlawan, mengambil saluran di depan Wonderia. Rianung menegaskan bahwa tak ada pembebasan lahan warga dalam proyek pembangunan Simpang Lima kedua ini.

"Selanjutnya resto dan hotel di sana akan ditata. Tidak ada pembebasan lahan warga untuk membangun Simpang Lima kedua," tegas Rianung.

Saat ini akses menuju lokasi Simpang Lima kedua di Jalan Sriwijaya dari persimpangan Jalan Pahlawan sudah diperlebar. Area di depan Taman Makam Pahlawan Giritunggal kini menjadi akses Jalan Sriwijaya ke arah timur.

Peningkatan infrastruktur Jalan Sriwijaya di depan Taman Makam Pahlawan itu menelan dana Rp 5,7 miliar. Sedangkan untuk pengaspalan dan pembangunan di Jalan Sriwijaya Baru menghabiskan anggaran Rp 12 miliar.

Simpang Lima Kedua Bakal Dibuat Hutan Kota

Kepala Disperkim Kota Semarang, Ali, mengatakan konsep pembangunan Simpang Lima kedua akan sama dengan Simpang Lama sebelumnya. Dia juga mengatakan Simpang Lima kedua akan dipoles menjadi hutan kota.

"Nantinya saluran air dibuang di depan Wonderia. Pesan dari Pak Hendi saat masih jadi Wali Kota Semarang, Simpang Lima kedua agar dibuat hutan kota, dan pinggirnya dibuat trek atau akses jalan," kata Ali dikutip dari situs semarangkota.go.id.


-----

Artikel ini telah naik di detikJatim dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Sudut-sudut Kota Semarang yang Eksotis"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali Selengkapnya