Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 13 Nov 2022 07:10 WIB

TRAVEL NEWS

Klaim Sandiaga: WSBK-Moto GP Mandalika Tarik Rp 5,8 Triliun!

Ahmad Viqi
detikTravel
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dan wakilnya  Angela Tanoesoedibjo, tetap menyemangati dan mengajak masyarakat juga memberikan dukungan serupa terhadap dua pembalap tim Gresini Racing dalam mengarungi seri MotoGP 2022.
Foto: Sandiaga Uno di Sirkuit Mandalika (dok. Kemenparekraf)
Lombok Tengah -

Menparekraf Sandiaga Uno mengklaim balapan MotoGP Mandalika dan World Superbike Championship (WSBK) sudah menarik pendapatan hingga Rp 5,8 Triliun.

"Dampak WSBK dan MotoGP itu bisa mengumpulkan pendapatan Rp 5,8 triliun di semua sektor. Baik penonton, hotel dan UMKM yang ada di NTB," ujar Sandiaga Uno, Sabtu sore (12/11/2022) di Sirkuit Mandalika.

Menurut Sandi, adanya kolaborasi antara pemerintah dan para pelaku parekraf (pariwisata dan ekonomi kreatif) di NTB secara langsung mulai merasakan geliat aktivitas perekonomian selama dua event WSBK dan MotoGP di gelar di Lombok Tengah.

"Pergerakan ekonomi kita Alhamdulillah terus meningkat di NTB. Dari catatan tadi, pertumbuhan ekonomi NTB bisa melampaui pertumbuhan ekonomi nasional di angka 6-7 persen," jelas Sandi.

Sementara, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan adanya dua event internasional yang bakal rutin digelar dalam jangka 10 tahun ke depan bisa terus berkembang dan lebih sempurna.

"Kita yakin makin lama makin seru. Terus terang kita selalu abai dengan hasil pendapatan dengan adanya dua event internasional di Mandalika. Tapi Alhamdulillah ini terus berjalan sekarang," kata Zul.

Terpisah, Direktur Utama PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Arie Respati mengatakan pihaknya siap membuat kejutan baru pada event MotoGP 2023 yang akan digelar pada bulan Oktober nanti.

"Kita akan membuat surprise di MotoGP 2023. Apa itu tunggu saja. Yang jelas fokus kita di MotoGP 2023 itu untuk mempromosikan ke wisatawan luar negeri," kata Arie.

Dengan kontrak 10 tahun dengan Dorna Sport, kata Ari, sebisa mungkin dampak Sirkuit Mandalika yang menggelar WSBK dan MotoGP bisa dirasakan hingga NTT, Bali, Makassar serta Jawa Timur.

"Kita harus pastikan keberlanjutannya. Baik untuk ajang MotoGP dan WSBK. Terutama bisa mengangkat ekonomi masyarakat setempat di NTB," pungkas Arie.


----

Artikel ini telah naik di detikBali dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Ekraf Indonesia Diproyeksikan Bisa Salip Korsel 5 Tahun Mendatang"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
Geger Capres Rambut Putih Keriput
Geger Capres Rambut Putih Keriput Selengkapnya