Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 19 Nov 2022 10:50 WIB

TRAVEL NEWS

Sedih, Bangunan Situs Jambansari Ciamis Rusak

Bangunan Situs Jambansari rusak
Situs Jambansari ( Dadang Hermansyah/detikJabar )
Jakarta -

Bangunan Situs Jambansari yang berada di pusat Kota Ciamis, Jawa Barat, kondisinya cukup memprihatinkan karena mengalami kerusakan. Situs ini merupakan tempat peninggalan sekaligus makam Bupati Galuh Raden Adipati Aris (RAA) Kusumadiningrat (1839-1886).

Diketahui, selama menjabat bupati Galuh, RAA Kusumadiningrat atau Kanjeng Prebu berjasa dalam pembangunan Kabupaten Galuh (Ciamis). Pada masanya, rakyat Galuh makmur dan sejahtera.

Situs Jambansari merupakan makam Kanjeng Prebu dan keluarga keturunan. Di area tersebut terdapat bangunan seperti gazebo yang menaungi makam Kanjeng Prebu dan istrinya. Namun, bangunan tersebut kondisinya sudah keropos dan dikhawatirkan ambruk.

Pantauan detikJabar, kondisi kayu penopang terlihat sudah banyak yang keropos. Bagian pagar makam pun terlihat sudah bengkok. Termasuk kayu penyangga atap sudah bergeser dari tembok.

Bangunan Situs Jambansari rusakBangunan Situs Jambansari rusak Foto: Dadang Hermansyah/detikJabar

Juru Kunci Situs Jambansari Nandang Sembada membenarkan hal tersebut. Kondisi bangunan Situs Jambansari saat ini sudah rusak dimakan usia. Bangunan tersebut terbuat dari kayu jati, dibangun sekitar tahun dimana Kanjeng Prebu menjabat.

"Bangunan ini dulunya gazebo tempat istirahat Kanjeng Prebu dan sekarang jadi makam beliau. Kondisinya sudah keropos, bahkan kemiringan atap sudah 25 persen, khawatir ambruk," ujar Nandang, Jumat (18/11/2022).

Untuk menopang agar tidak ambruk, pihak yayasan pun memasang tiang besi. Namun idealnya, bangunan tersebut seharusnya diperbaiki total.

"Terakhir direnovasi sekitar tahun 1878 dan dipasang besi penopang untuk menjaga agar atapnya tidak ambruk. Setelah itu hanya ada perbaikan dan perawatan kecil saja," jelasnya.

Nandang pun berharap instansi pemerintah terkait turut memperhatikan kondisi bangunan Situs Jambansari. Bagaimana pun situs tersebut bagian dari sejarah Kabupaten Galuh. Terlebih saat ini Pemkab Ciamis sedang berupaya untuk mengembalikan nama Ciamis jadi Galuh.

Situs Jambansari ini merupakan salah satu ikon Kabupaten Ciamis. Letaknya yang strategis di pusat kota membuat Jambansari biasa dikunjungi masyarakat. Baik untuk ziarah atau pun tujuan wisata heritage.

"Harapannya segera ada perbaikan, terutama perhatian dari instansi pemerintah terkait. Kalau tidak segera dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan," pungkasnya.

---

Artikel ini telah tayang di detikJabar.



Simak Video "Bukit Sampalan Asri Ciamis yang Cocok untuk Melepas Penat"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA