Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 22 Nov 2022 17:45 WIB

TRAVEL NEWS

Bersih-bersih Stadion yang Seperti 'Ritual' Bagi Suporter Jepang

Syanti Mustika
detikTravel
Aksi suporter Jepang bersih-bersih stadion di Piala Dunia 2022
Terekam aksi suporter Jepang bersih-bersih di Qatar ( Instagram/omr94)
Jakarta -

Patut diancungi jempol bagaimana disiplin serta bersihnya orang Jepang. Tak hanya di negara mereka saja, saat di negara lain mereka pun masih menerapkan kebiasaan tersebut.

Di tengah semangatnya Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar, fans Jepang mencuri perhatian dunia. Terekam aksi mereka bersih-bersih stadion setelah laga antara Qatar dan Ekuador.

Padahal bukan negara Jepang yang berlaga, namun sekelompok fans Jepang menunjukkan jati diri dari negara mereka yang selalu dibanggakan. Salut!

[Gambas:Instagram]



Saat seluruh penonton telah meninggalkan stadion, fans Jepang belum pulang. Mereka tidak sekadar duduk-duduk dan berfoto di stadion. Mereka berkeliling stadion dan mengumpulkan sampah.

Warga Qatar sampai tercengang dibuatnya. Tak mau kehilangan momen yang bikin mereka keheranan itu, warga lokal pun merekam dan membagikannya di media sosial dan viral.

Perlu nih traveler ingat kembali, aksi suporter Jepang bersih-bersih stadion juga pernah terjadi sebelumnya-sebelumnya lho. Tepatnya di tahun 2018 ajang World Cup 2018 di Rusia.

Dalam catatan detikcom, aksi bersih-bersih para suporter timnas Jepang terjadi di Mordovia Arena, Saransk setelah Jepang melawan Kolombia, Selasa (19/6/2018). Saat pertandingan tersebut Jepang mengukir sejarah menjadi tim Asia pertama yang berhasil mengalahkan tim Amerika Selatan dengan kemenangan dengan 2-1.



Usai pertandingan para suporter Jepang membawa kantong sampah dan berkeliaran di sekitar stadion untuk mengambil segala jenis sampah yang ditinggalkan oleh penonton. Aksi mereka terekam dan viral di dunia maya. Aksi mereka membuat kagum netizen dan menuai pujian.

Tak hanya suporter, para pemain timnas Jepang juga melakukan hal serupa. Setelah pertandingan melawan Belgia, para pemain Jepang meninggalkan ruang ganti pemain dengan kinclong!

Yuk, kita mundur lagi ke tahun 2014 di ajang Piala Dunia 2014 di Brasil. Walau mereka kalah dari Pantai Gading, suporter Jepang menunjukkan jati dirinya dengan melakukan aksi bersih-bersih di area stadion lho.

Patut kita contoh nih!



Simak Video "5 Teknologi Canggih yang Hanya Ada di Piala Dunia 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
Geger Capres Rambut Putih Keriput
Geger Capres Rambut Putih Keriput Selengkapnya