Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 26 Nov 2022 19:15 WIB

TRAVEL NEWS

Kontroversi Maskapai India, 'Haram' Rambut Awak Kabin Beruban

Syanti Mustika
detikTravel
Air India
Ilustrasi pesawat Air India (Air India)
Jakarta -

Salah satu maskapai India, Air India mengeluarkan kebijakan untuk para awak kabin menyemir rambutnya bila muncul uban. Aturan ini pun menimbulkan kontroversi.

Dilansir dari Deutsche Welle, Sabtu (26/11/2022) Air India mengeluarkan aturan baru yang menimbulkan ragam komentar Mereka memerintahkan awak kabin untuk peduli dengan uban dengan mewarnainya secara teratur. Juga awak kabin pria harus mencukur rambutnya bila suda ada kebotakan.

Aturan ketat yang terdiri dari lima halaman dan hanya membahas rambut saja ini membuat geleng-geleng kepala.

NDTV mengungkapkan bahwa aturan ini berisi awak kabin harus mengecat uban mereka secara teratur. Serta kru dengan rambut keriting wajib menjalani perawatan smoothing atau relaksasi rambut.

""Rambut bergelombang, keriting, dan keriting tidak boleh dibiarkan terbuka. Gaya rambut lebat, sulit diatur, dan tidak pantas tidak diizinkan." tulisnya.

Poni di dahi dan samping juga dilarang. Potongan rambut dan wig hanya boleh dipakai jika ada alasan medis dan mendapat izin tertulis dari maskapai.

"Kru dengan dahi yang sangat besar atau garis rambut yang sedikit harus menata rambut depan dengan sapuan samping dan harus menutupi garis rambut yang surut," instruksi pedoman tersebut.

Pria dengan bintik-bintik botak atau garis rambut yang surut juga diinstruksikan untuk mempertahankan tampilan botak penuh alias cukur habis.

"Kepala harus dicukur setiap hari agar terlihat bersih. Cukur cepak tidak diizinkan," bunyi buku pegangan itu, menurut NDTV. Jenggot juga dilarang kecuali untuk awak kabin Sikh. Tindik hidung tidak diizinkan. Jenis perhiasan keagamaan tertentu juga tidak diperbolehkan.

"Choora pernikahan, benang agama, benang hitam, manik-manik di pergelangan tangan, pergelangan kaki dan lengan bawah tidak diizinkan," bunyi buku panduan itu.

Awak kabin yang sedang cuti, namun bepergian dengan Air India juga dilarang mengenakan rok pendek, hot pants dan jeans robek.

Pedoman baru tersebut memicu perdebatan online dan beberapa mengkritik aturan tersebut sebagai seksis dan kuno. Yang lain keberatan dengan pembatasan perhiasan religius.

"Air India adalah satu-satunya maskapai penerbangan di negara yang telah melayani dunia selama beberapa dekade. Representasi dan citra kru tidak sesuai standar internasional. Manajemen baru ingin mengubah persepsi tentang selebaran," salah satu sumber maskapai yang tidak disebutkan namanya kepada kantor berita ANI.



Simak Video "Pesawat Jatuh di Nepal, 40 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA