Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 01 Des 2022 12:05 WIB

TRAVEL NEWS

Pendapatan Wisata RI Naik 3 Kali Lipat, Padahal dengan Kunjungan Lebih Sedikit

Ilustrasi wisatawan di Bali. Bali diprediksi akan ramai dengan wisatawan sampai akhir tahun.
Foto: Kemenparekraf
Riyadh -

Pariwisata Indonesia menunjukkan indikasi pemulihan. Pendapatan dari pariwisata tahun ini diperkirakan mencapai USD 4,3 miliar padahal dengan jumlah kunjungan wisatawan yang lebih sedikit.

"Tahun ini kami menghasilkan USD 4,3 miliar pendapatan pariwisata yang jumlahnya tiga kali lipat dari yang kami proyeksikan, hanya dengan seperempat dari kedatangan wisatawan," papar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berbicara dalam World Travel & Tourism Council (WTTC) di King Abdul Aziz International Convention Center, Riyadh, Arab Saudi pada Rabu (30/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Menteri Ekonomi Kerajaan Arab Saudi Abdulla bin Touq Al Morri, Penasehat Khusus Kementerian Pariwisata Kerajaan Arab Saudi Gloria Guevara, Chairman & CEO Accor Hotel Sebastien Bazin dan CEO The Hertsz Corporation Stephen Scherr.

Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menjadi pembicara kunci dalam World Travel & Tourism Council (WTTC) di King Abdul Aziz International Convention Center, Riyadh, Arab Saudi pada Rabu (30/11/2022).Menparekraf Sandiaga Uno saat menjadi pembicara kunci dalam World Travel & Tourism Council (WTTC) di King Abdul Aziz International Convention Center, Riyadh, Arab Saudi pada Rabu (30/11/2022). Foto: Kemenparekraf

Selain itu, sejumlah Menteri Pariwisata dari negara sabahat antara lain, Bahrain, Bahama, Barbados, Costa Rica, Yunani, Guatemala, Jamaika, Jordan, Seychelles dan Spanyol.

Dalam kesempatan tersebut Sandiaga memaparkan sejumlah kiat Indonesia dalam pemulihan ekonomi. Satu di antaranya adalah pendekatan serta strategi dalam pemulihan sektor parekraf pasca pandemi covid-19.

"Pertama, kami harus mengubah pola pikir, Bali khususnya, harus menjadi pariwisata yang berkelanjutan. Jadi kami harus mengubah pola pikir untuk menjadikan pariwisata yang ramah dan berkelanjutan," ungkap Sandiaga Uno.

"Dan tren pariwisata baru sekarang adalah personalized, localized, customized dan smaller in size, tetapi dengan pendapatan yang lebih baik," jelasnya.

Tak hanya meningkatkan pendapatan, strategi tersebut diungkapkan Sandiaga Uno mampu menciptakan peluang usaha dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

"Tahun ini, saat kita berbicara tentang pekerjaan, Indonesia sudah dalam jalur yang tepat untuk menciptakan 1,1 juta lapangan kerja dalam sektor pariwisata, dan kekuatannya berasal dari wisatawan lokal," jelas Sandiaga Uno.

"Dan 800 juta pergerakan dari wisatawan lokal telah berhasil menciptakan peluang usaha dan membuka lapangan kerja," ujarnya.

Selanjutnya Temui Menteri Pariwisata Arab Saudi

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Target Sandiaga Uno Ciptakan 4,4 Juta Lapangan Pekerjaan di 2024"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA