Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 05 Des 2022 15:16 WIB

TRAVEL NEWS

'Ikan'-'Gajah' Raksasa di Gurun Saudi yang Pernah Dijauhi Nabi Muhammad SAW

Batu mirip gajah di Al Ula, Arab Saudi
Jabal Al Fil Al-Ula Arab Saudi (Foto: iStock)
Al-Ula Arab Saudi -

Kawasan Al-Ula Arab Saudi kembali jadi ramai setelah ada penampakan formasi batuan yang mirip ikan raksasa tengah berenang di lautan pasir berwarna keemasan.

Kawasan Al-Ula ini memang terkenal dengan fenomena gurun yang kadang tidak masuk di akal. Dengan luasan 22.500 kilometer persegi, Al-Ula merupakan salah satu pemandangan gurun paling dramatis di dunia.

Menurut sejarah, orang-orang Nabataean kuno mendirikan kota utama mereka di selatan tepat di utara lembah Al-Ula dan mengukir makam berbatu yang spektakuler di Mada'in Saleh. Mada'in Saleh kini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Kaum Nabataean ini merupakan kaum pra-Islam Arab yang juga membuat situs Petra di Yordania.

Selain batu dengan formasi mirip ikan hiu raksasa, di Al-Ula ini ada gunung batu yang juga mirip hewan lain, yakni Gajah. Diberi nama Jabal Al Fil atau gunung gajah, batuan ini berada di lokasi terpencil.

Jabal Al Fil masuk bagian Kota Al-Ula, Provinsi Madinah, Arab Saudi. Lokasi persisnya berada di dekat Mada'in Saleh, gugusan batu yang diyakini jadi permukiman kaum Tsamud pada abad 1 SM hingga 74 Masehi. Jarak Jabal Al Feel dengan Madain Saleh sekitar 10 kilometer.

Batu mirip gajah di Al Ula, Arab SaudiBatu mirip gajah di Al Ula, Arab Saudi Foto: (iStock)

Jabal berarti gunung, sedangkan Al Fil dalam bahasa Arab berarti gajah. Benarkah batu purba itu mirip gajah? Saat melihat benda atau foto di atas, tiap orang mungkin memiliki sudut pandang tersendiri. Ada yang bilang mirip, ada yang bilang tidak.

Nah soal ukuran, hampir bisa dipastikan semua satu suara. Jabal Al Feel benar-benar raksasa. Namanya saja gunung, jelas saja besar.

Biasanya mereka yang berkunjung ke Madain Saleh dalam rombongan kecil menyempatkan diri menengok Jabal Al Feel. Untuk foto-foto, kawasan tersebut memang menarik. Bukan hanya si Gajah, tapi juga hamparan pasir berwarna keemasan dan keindahan batu-batu purba yang dilukis alam.

Hegra atau Madain SalehHegra atau Madain Saleh, makam kuno di Al-Ula Foto: Royal Commission for AlUla

Meski terpencil, Jabal Al Fil cukup mudah dijangkau. Jalanan beraspal mulus. Kota Al Ula, lokasi Jabal Al Feel, dapat ditempuh 4-5 jam perjalanan darat dari Madinah. Di kota tersebut, selain kota kuno Madain Saleh dan Jabal Al Feel, juga banyak spot-spot alam lainnya.

Kawasan yang Pernah Dihindari Nabi Muhammad SAW

Beberapa waktu lalu, Mada'in Saleh dan Al Ula di Arab Saudi pernah jadi sorotan publik. Kedua nama ini merupakan nama daerah wisata yang disebut pernah dihindari oleh warga Saudi. Bahkan dua wilayah itu diriwayatkan pernah dijauhi Nabi Muhammad.

Al Ula menjadi salah satu kota yang dibangun sebagai destinasi wisata. Meski demikian, kota ini dikenal sebagai tempat yang 'berhantu.'



Simak Video "Arab Saudi Bangun Kasino dan Hotel di 2 Pulau Laut Merah"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA