Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 05 Des 2022 17:35 WIB

TRAVEL NEWS

Pasca Gempa, Destinasi Wisata di Cianjur Jadi Sepi

Ikbal Selamet
detikTravel
Karangpotong Oceanview
Foto: Karangpotong Oceanview (Masaul/detikcom)
Cianjur -

Pasca gempa 5,6 M yang melanda Cianjur, destinasi wisata yang ada di sana langsung jadi sepi. Banyak wisatawan yang membatalkan rencana kunjungannya ke sini.

Sektor pariwisata ikut merasakan dampak bencana gempa bumi yang mengguncang Kota Santri. Jumlah wisatawan yang berlibur ke Cianjur anjlok bahkan sempat nihil wisatawan.

Destinasi wisata Karangpotong Ocean View misalnya, wisata yang berada di Kecamatan Sindangbarang ini sepi pengunjung usai bencana. Meskipun wilayah selatan Cianjur tersebut tidak terkena dampak langsung oleh guncangan gempa.

"Kalau dampak tidak ada, karena kan jauh dari pusat kota. Hanya terasa getaran. Tapi dampak untuk kunjungan wisata ada, sejak pekan kemarin pengunjung sepi," ujar Owner Wisata Karangpotong Ocean View, Wawan, Minggu (4/12/2022).

Dia mengatakan biasanya tingkat kunjungan mencapai ratusan orang per hari saat weekday dan di atas 1.000 orang per hari saat akhir pekan. Namun sejak bencana, pengunjung yang datang tidak lebih dari 100 orang per hari.

"Sekarang kalau hari biasa atau weekday paling hanya 30-40 orang sehari, seringnya nihil pengunjung. Kalau weekend hanya 70 orang, paling banyak 100 orang," ungkap dia.

Menurut dia, tidak sedikit pengunjung yang sudah reservasi untuk menginap membatalkan atau menjadwalkan ulang kedatangannya, sebab khawatir terjadi gempa susulan.

"Iya banyak yang takut kena dampak gempa, meskipun sudah dijelaskan jika titik gempa dengan wisata Cianjur selatan itu jauh, tapi mereka tetap takut. Akhirnya ada yang cancel atau juga yang reschedule," tuturnya.

Di sisi lain, Destinasi Wisata Situs Megalitikum Gunung Padang juga sepi pengunjung usai gempa. Koordinator Juru Pelihara Situs Megaltikum Gunung Padang Nanang Sukmana, mengatakan kunjungan wisata ke situs megalitikum tersebut juga masih sepi pasca gempa bumi.

Menurut Nanang saat akhir pekan biasanya tingkat kunjungan mencapai 500 orang, namun saat ini hanya sekitar 100-200 orang per hari.

"Masih ada dampaknya, wisatawan yang sudah komunikasi akan berkunjung di akhir November dan awal Desember memilih untuk membatalkan jadwalnya dan beristirahat di rumah, daripada liburan ke Cianjur di situasi bencana dan dengan masih terjadinya gempa susulan," ucap dia.


-----

Artikel ini telah naik di detikJabar dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Warganet Bagikan Momen Cianjur Diguncang Gempa M 4,3"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA