Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 06 Des 2022 06:12 WIB

TRAVEL NEWS

Suite Class Bus Kalingga Jaya Bak Bisnis Pesawat, Luxury Kereta pun Lewat

Suite class PO Kalingga Jaya
Suite class PO Kalingga Jaya (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Semarang-Jakarta -

Mari mengulas suite class dari PO Kalingga Jaya, pemain sleeper baru dari Muria Raya. Baru-baru ini, kami menjajalnya dari Semarang ke Jakarta.

Jadi, dalam beberapa tahun ke belakang, kami sempat menaiki berbagai jenis bus, mulai dari kelas eksekutif, president, sampai suite class. Bisa dibilang bahwa yang terakhir inilah yang terbaik.

Meski demikian, layanan suite class sleeper bus dari PO Kalingga Jaya bukannya tidak ada cela.

Berikut ulasan kami yang menaiki armada A2 bernama Athariz:

Suite class PO Kalingga JayaSuite class PO Kalingga Jaya (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

1. Ketepatan waktu

PO Kalingga Jaya berangkat dari Jepara. Karena masih belum ada tol di kawasan ini, penjemputan kami di Semarang pun terlambat, mungkin salah satunya dikarenakan hujan yang mengguyur sejak sore hari.

Jadwal keberangkatan yang seharusnya pada pukul 20.00 WIB molor hingga 21.00 WIB. Tentu keterlambatan ini yang perlu disikapi dengan baik oleh perusahaan juga penumpang agar tidak terlalu resah.

2. Rupa dalam bus

Suite class PO Kalingga Jaya menggunakan bodi dari Adiputro yakni Jetbus 3+ MHD Dream Coach. Sasisnya sendiri dari Mercedes-Benz.

Susunan kursi suite class PO Kalingga Jaya bertumpuk atas dan bawah. Dalam satu bodi bus ini terdapat 22 tempat duduk yang dilengkapi berbagai fasilitas pribadi.

Suite class PO Kalingga JayaSuite class PO Kalingga Jaya (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

3. Selama perjalanan

Layanan suite class PO Kalingga Jaya memang tidak kaleng-kaleng. Meski terlihat seperti hotel kabin, saat masuk ke kursi sleepernya, traveler pasti merasa nyaman.

Karena, ada berbagai fasilitas di dalam kabin itu. Pertama, sekilas terlihat kebersihan di suite class PO Kalingga Jaya terlihat dijaga dengan baik.

Penumpang yang masuk harus melepas sepatu dan menaruhnya di rak bersusun yang ada di bawah. Ada sekat antara kabin penumpang dan driver yang mencegah asap rokok bercampur ke dalam.

Di luar kabin suite clas PO Kalingga Jaya, terdapat tisu di tiap pintu. Lampu-lampu lorong pun sudah disesuaikan demi kenyaman penumpang, bak di dalam pesawat.

Di dalam kabin terdapat segudang fasilitas pribadi yang bisa traveler coba. Ada lampu baca dan lampu kabin pribadi, kursi sleeper yang bisa diatur menggunakan tombol, layar TV, selimut, bantal, hingga lubang untuk air minum.

Suite class PO Kalingga JayaMakan besar garang asem suite class PO Kalingga Jaya (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Tak hanya itu, ada pula tombol getaran kursi yang sebenarnya tidak diperlukan karena bus pasti bergetar dimulai dari mesin dinyalakan. Ada sabuk pengaman yang kebanyakan bus tidak menyediakan dan satu lagi ada empat colokan USB A untuk mengisi daya HP.

Bagi kami yang tinggi badannya berukuran sekitar 170-an cm, kursi sleeper suite class PO Kalingga Jaya terasa sangat lega. Sayangnya, kursi itu tidak bisa sepenuhnya direbahkan namun bukan masalah berarti.

Keadaan kabin pun terasa lebih kedap suara dibanding kelas yang lain. Bagi orang introvert, suite class PO Kalingga Jaya adalah pilihan tepat karena ruang kabin bisa ditutup menggunakan tirai.

Hanya ada satu pengalaman yang kurang mengenakkan bagi kami, yakni selimut yang berbau agak tengik. Mungkin selimut kami baru akan dicuci setelah perjalanan ini usai.

Lainnya, keadaan di dalam kabin suite class PO Kalingga Jaya memang terlihat bersih. Aroma di dalam bus juga di lorongnya pun tergolong netral. Keadaan itu membuat kami yang mudah mabuk bisa menerima dan merasa nyaman selama perjalanan.

Suite class PO Kalingga JayaKabin suite class PO Kalingga Jaya (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

4. Kesimpulan

Sleeper suite class PO Kalingga Jaya adalah pilihan terbaik bagi traveler yang ingin menjajal transportasi lain selain kereta dan pesawat. Karena, traveler juga bisa berhenti di sejumlah tempat yang dekat dengan rumah.

Dan dengan tiket seharga Rp 310.000, traveler akan mendapat snack dan roti di awal perjalanan. Tak hanya itu, traveler juga akan mendapat fasilitas makan besar satu kali di sekitar Weleri dengan pilihan 4 menu, yakni prasmanan, ayam geprek, nasi goreng dan garang asem.

Tentu harga itu tidak akan ditemukan untuk kelas tertinggi di kereta, apa lagi pesawat. Terakhir, perjalanan dari Semarang ke Jakarta kami tempuh selama enam jam dengan sesekali berhenti di Bekasi dan yang lain.



Simak Video "Anti Pegal di Jalan! Ini Bus Sleeper Jagoannya Adiputro"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA