Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 06 Des 2022 17:26 WIB

TRAVEL NEWS

Jepang Tambah Lagi Gerbong Khusus Perempuan di Kereta

Syanti Mustika
detikTravel
Kereta Jalur Oedo
Kereta Jalur Oedo yang sediakan gerbong khusus perempuan ( Tokyo Metropolitan Bureau of Transportation)
Jakarta -

Gerbong khusus perempuan tersedia di KRL yang melintasi Jakarta dan kota satelitnya. Namun, di Jepang gerbong khusus perempuan dioperasikan secara terbatas dan pada jam tertentu.

Dilansir dari SoraNews, Selasa (6/12/2022) gerbong khusus perempuan di kereta di Jepang diterapkan sejak 2001. Langkah itu ditempuh sebagai tindakan pencegahan pelecehan seksual di dalam gerbong kereta.

Tetapi, rupanya tidak semua jalur kereta di Tokyo memilikinya. Operator kereta di Jepang ada yang menyediakan gerbong khusus perempuan itu pada jam-jam sibuk, seperti pukul 06.00 hingga 09.00 dan malam hari, dan ada pula yang menyediakan khusus pada pagi hari. Sejauh ini, tak ada yang memberlakukan gerbong khusus wanita sepanjang hari.

Selain itu, gerbong khusus wanita tersedia pada hari Senin-Jumat atau hari kerja. Juga, gerbong khusus wanita dapat ditempati untuk penumpang-penumpang kategori yang sedang sakit, lanjut usia, atau penyandang cacat (difabel).

Ke depan, Jepang berencana menambahnya. Sebab, Biro Transportasi Metropolitan Tokyo telah mengumumkan bahwa mobil khusus wanita akan diterapkan di Jalur Oedo. Jalur Oedo adalah jalur terbaru dalam jaringan Kereta Bawah Tanah Toei yang dijalankan oleh Biro Transportasi Metropolitan.

Rute ini melewati daerah Shinjuku, Shiodome, Daimon, Roppongi, dan Aoyama. Rute ini adalah beberapa distrik paling padat perkantoran di kota. Mulai pertengahan Januari, Gerbong 4 kereta Jalur Oedo akan ditetapkan sebagai 'Khusus Wanita' selama jam sibuk pagi di hari kerja.

Jalur Oedo menjadi Kereta Bawah Tanah Toei kedua yang memperkenalkan mobil khusus wanita, mengikuti Jalur Shinjuku pada tahun 2005. Meskipun gerbong tersebut ditetapkan sebagai "khusus wanita", Biro Perhubungan memasukkan dalam pengumuman klarifikasi bahwa anak SD laki-lai, pria dewasa dengan masalah mobilitas, dan pengasuh mereka juga diizinkan untuk menggunakan Gerbong 4 selama waktu 'khusus wanita'.

Aturan khusus perempuan untuk Gerbong 4 akan berlaku untuk semua kereta antara pukul 07.00 dan 08.30 yang dimulai di Stasiun Hikarigaoka dan berangkat ke arah Stasiun Roppongi dan Daimon. Serta semua kereta antara pukul 07:15 dan 08:10 yang dimulai di Stasiun Tochomae dan berangkat ke arah Stasiun Iidabashi dan Ryogoku.

Informasi nih untuk traveler, operator di Jepang ada yang menyediakan khusus pada jam-jam sibuk seperti jam 6 hingga 9 pagi dan malam hari, dan ada pula yang menyediakan khusus pada pagi hari. Namun tak ada yang memberlakukan gerbong khusus wanita sepanjang hari.

Pemberlakuan gerbong khusus wanita juga hanya diterapkan pada hari Senin-Jumat atau hari kerja. Selain itu, gerbong khusus wanita dapat ditempati untuk penumpang-penumpang kategori yang sedang sakit, lanjut usia, atau penyandang cacat (difabel).

Salah satu perusahaan kereta Jepang yang menyediakan gerbong wanita diantaranya East Japan Railway Co (JR East) dan Tokyo Metro Co.



Simak Video "Jepang Minta Warganya Pindah dari Tokyo, Iiming-imingi Rp 119 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA