Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 10 Des 2022 12:39 WIB

TRAVEL NEWS

Aslik! Senam Jantung Banget Nonton Langsung Pacuan Kuda di Dompu

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Pacuan kuda dengan joki cilik di Dompu
Pacuan kuda dengan joki cilik di Dompu (Faruk Nickyrawi/detikcom)
Jakarta -

Kejuaraan pacuan kuda dengan joki cilik tengah berlangsung di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sensasi nonton langsung tak bisa digantikan dengan cara apapun lainnya.

Arena pacuan Lemba Kara, Desa Lepadi Kecamatan Pajo, menjadi lintasan untuk para kuda berpadu kecepatan.

Ada sensasi tersendiri yang dirasakan ketika menonton langsung pacuan kuda yang sudah menjadi tradisi di wilayah itu. Selain deg-degan, sebagai penonton, adrenalin kita terasa dipompa seolah-olah ingin juga menjadi penunggang kuda yang melesat cepat itu.


Salah seorang penonton, Firman (31) yang ditemui di arena pacuan kuda mengaku sangat senang dan puas bisa menonton pacuan kuda di Lemba Kara Lepadi. Sesekali, dia berteriak histeris melihat kuda yang dia jagokan melesat dengan cepat.

"Luar biasa, baru bisa nonton langsung lagi setelah beberapa tahun tidak digelar. Sensasinya berbeda dengan yang ada di video orang-orang," kata Firman pada detikBali.

Firman mengatakan, ketika kuda mulai keluar dari area pelepasan atau titik start, penonton mulai riuh dan berteriak memanggil nama kuda yang berlari. Heboh dan sangat mengasyikkan.

"Dari titik start sudah mulai teriak, Raii anaee, raii anaee (lari cepat, larii cepat lah)," kata Firman penuh semangat.

Untuk dapat menonton secara langsung, kita harus merogoh kocek sedikit dalam mulai dari biaya parkir motor Rp 5 ribu, tiket masuk arena sebesar Rp 10 ribu dan karcis masuk nonton dari tribun sebesar Rp 10 ribu per orang per sekali masuk.

Biaya ini akan terasa percuma dengan hasil tontonan yang kita saksikan. Pasalnya, ketika sudah ada di tengah arena kita akan menjumpai berbagai hal-hal unik tentang kuda. Mulai dari joki-joki (penunggang) yang berumur 5-7 tahun hingga aktifitas sando (dukun) kuda yang nyentrik.

Di ajang pacuan kuda kali ini, panitia olahraga pacuan kuda menggelar mulai pada 3-11 Desember 2022. Jika anda penasaran bisa datang dan nonton langsung di arena Lemba Kara, tepatnya di Desa Lepadi jalan lintas pantai Lakey.



Simak Video "Ada Pro Kontra Eksploitasi Anak, Tradisi Pacuan Kuda Sumbawa Tetap Eksis"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA