Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 29 Des 2022 16:33 WIB

TRAVEL NEWS

Saling Tuding AirNav Bali dan Jetstar Soal Pesawat Dilarang Mendarat

Triwidiyanti
detikTravel
Ilustrasi maskapai Jetstar
Foto: Ilustrasi Jetstar (dok. Jetstar)
Denpasar -

AirNav Bali buka suara soal pesawat Jetstar yang gagal mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Menurut AirNav, Jetstar sendiri yang meminta RTB, bukan ditolak.

Manajer Perencanaan Evaluasi dan Operasi Air Nav Bandara Ngurah Rai, Partoyo menjelaskan bahwa tidak ada penolakan terhadap pesawat maskapai Australia Jetsar. Pesawat yang terbang dari Melbourne, Australia itu gagal mendarat di Bali karena permintaan maskapai sendiri untuk Return to Base (RTB) alias putar balik.

"Itu RTB dia return to base dari Melbourne ke Bali dari sisi kami, kalau return to base dia itu kembali ke negara karena alasan operasional itu yang kami terima dari pihak Jetstar jadi lebih ke maskapai," ujar Partoyo dihubungi Kamis (29/12/2022).

Terkait tudingan bahwa bandara Bali menolak kedatangan airline tersebut menurut Partoyo salah besar.

"Masalah penolakan, Bali tidak pernah ada penolakan. Untuk penerbangan secara umum kita terima, secara slotnya terpenuhi. Tapi slot itu ada pembatasan. Kemarin itu slotnya ada kok, cuma yaitu, mereka RTB," bebernya.

"Apakah alasannya karena pergantian pesawat itu pihak air line yang lebih tahu," imbuhnya. Dia mengaku menerima informasi RTB dari pihak airline melalui by phone tidak lama setelah pesawat itu terbang.

Pihaknya justru mengaku senang jika maskapai tersebut dapat tiba di Bali karena akan mendatangkan benefit bagi Indonesia dan khususnya pariwisata Bali.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pesawat Jetstar dari Melbourne, Australia, ke Bali terpaksa putar balik. Pesawat itu kembali ke Melbourne diduga karena ditolak mendarat di Denpasar, Bali, buntut adanya miskomunikasi.

Dilansir news.com, Kamis (29/12/2022), pesawat maskapai Jetstar yang semula dijadwalkan mendarat pada Selasa (28/12) pukul 18.15 waktu setempat itu, sempat mengalami delay selama lima jam. Pesawat itu akhirnya lepas landas dari bandara Melbourne pada pukul 23.00 waktu setempat.


----

Artikel ini telah naik di detikBali dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Jejak Radar Lion Air JT330 Alami Masalah Mesin Lalu Putar Balik"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA