Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 22 Jan 2023 20:15 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Hanya Imlek, Tarian Barongsai Juga Ada Saat Cap Gomeh

Weka Kanaka
detikTravel
Klenteng Boen Tek Bio Pasar Lama Tangerang
Klenteng Boen Tek Bio di Tangerang (Weka Kanaka/detikTravel)
Jakarta -

Tarian Barongsai begitu identik dengan Tahun Baru Imlek. Tapi jangan sedih, tradisi barongsai masih ada saat Cap Gomeh nanti.

Hari raya Imlek acapkali dirayakan dengan aktivitas peribadatan dan juga pameran budaya Tiongkok. Biasanya pameran budaya Tiongkok lekat dengan pawai dari tarian Liong, Barongsai, maupun budaya-budaya lain.

Namun jika kamu ingin melihat perayaan kirab budaya di Klenteng Boen Tek Bio yang berada di Pasar Lama Tangerang, saksikan lah pada saat perayaan Cap Go Meh.

Cap Go Meh merupakan perayaan penutup Imlek yang dirayakan 15 hari setelah perayaan Imlek. Untuk tahun ini akan jatuh pada 5 Februari 2023.

Hal tersebut seperti yang dijelaskan oleh Ketua Umum Perkumpulan Klenteng Boen Tek Bio, Ruby Santamoko saat ditemui Detikcom (22/1/2023).

"Sebenarnya gini ya, setiap imlek itu adalah hari raya. Dan hari raya itu biasanya pengurus-pengurus merayakannya bersama keluarga, jadi kalau kita bicara klenteng itu hanya ritual sembahyang aja, nanti puncaknya 15 hari setelah Imlek 5 Februari mendatang," jelas Ruby.

"Barulah setelah cap go meh itu terjadilah perayaan-perayaan, ada kesenian, tarian dan sebagainya," Ruby menambahkan.

Klenteng Boen Tek Bio sendiri sudah sempat menyelenggarakan atraksi liong dan barongsai ketika malam Imlek.

"Kalau ini hanya ritual keagamaan dan kemarin (malam) yang membedakannya ada liong dan barongsai yang sudah dua tahun tidak dilakukan karena masa pandemi," tutur Ruby.



Simak Video "Warga Tionghoa Jambi Gelar Tradisi Fang Sheng Jelang Imlek"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA