Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Nov 2011 17:01 WIB

TRAVEL-TIPS

8 Tips Hemat Ala Backpacker

detikTravel
dok. Thinkstock
dok. Thinkstock
Indonesia, DKI Jakarta, Jakarta Selatan - Bagi Anda yang memiliki hobi backpacker, menjaga isi dompet supaya tidak cepat habis tentu sangatlah sulit. Begitu banyak godaan di perjalanan yang memancing kita untuk mengeluarkan uang. Untuk itu diperlukan kiat untuk menyiasati agar uang tetap utuh selama menjadi backpacker.

Dikutip dari situs backpackingtraveldestinations.co.uk, yang dikunjungi detiktravel, Senin (28/11/2011), ada 8 tips hemat yang bisa Anda tiru:

1. Tujuan Perjalanan

Pilihlah tujuan perjalanan dengan bijaksana. Jika anggaran terbatas, Anda bisa bepergian yang disesuaikan dengan uang di kantong. Sebagai contoh, bila berniat backpacker ke luar negeri, Anda bisa memilih Thailand daripada Perancis. Biaya hidup selama 3 bulan di Thailand tentu akan lebih murah dari biaya hidup jika tinggal selama 3 bulan di Perancis.

2. Makanan dan Minuman

Anda bisa membatasi pengeluaran selama perjalanan mulai dengan menghemat makan dan minum. Ada beberapa cara untuk menghemat pengeluaran makan, pertama, tidak perlu makan siang, cukup makan pagi dan malam saja. Makan pagi bisa dilakukan menjelang siang dan makan malam lebih cepat dari biasanya. Cara kedua adalah menginap di penginapan yang menyediakan sarapan pagi.

3. Transportasi

Berkelilinglah dengan angkutan umum masal, seperti bis dan kereta. Hindari menggunakan taksi, karena akan menguras isi kantong Anda. Jika memungkinkan, berjalan kakilah. Dengan berjalan kaki, Anda bisa menghemat banyak pengeluaran untuk transportasi. Selain itu, Anda bisa lebih mengenal kawasan yang dikunjungi, dan terhindar dari tersesat.

4. Penginapan

Hotel berbintang yang mahal, jelas itu bukan pilihan Anda. Menginaplah di penginapan sederhana, hostel atau losmen dan dekat dengan kawasan wisata. Dengan menginap di dekat kawasan wisata, tentu Anda tidak perlu banyak keluar biaya ketika akan berkunjung, dan Anda pun tetap hemat. Pesanlah penginapan jauh-jauh hari agar Anda punya banyak pilihan tempat murah. Namun jika memesan penginapan yang mengharuskan uang muka, hati-hati dengan rencana liburannya. Jangan sampai batal, sehingga uang Anda hangus.

5. Tempat Wisata

Kunjungilah tempat wisata yang tidak mahal biaya masuknya atau mungkin gratis, seperti pantai dan taman kota. Perhatikan pula waktu-waktu kunjungan khusus yang menawarkan tiket masuk lebih murah.

6. Bawa Uang Tunai

Ketika menjadi backpacker, ada baiknya Anda membawa uang tunai dan sebisa mungkin tidak menggunakan ATM. Dengan membawa uang tunai, Anda bisa lebih mengontrol pengeluaran yang akan dilakukan. ATM pada satu sisi menggoda kita untuk membelanjakan uang lebih saat berjalan-jalan.

7. Jaga Barang Bawaan

Pastikan barang-barang yang Anda bawa tidak hilang. Kehilangan barang seperti kamera, bisa menghabiskan sebagian simpanan yang dimiliki, untuk mengganti barang yang hilang dengan yang baru.

8. Bahasa

Pelajari bahasa lokal tempat tujuan perjalanan Anda. Ketika berbelanja, biasanya Anda bisa memperoleh potongan harga bila menggunakan bahasa lokal. Ini cukup membantu untuk menghemat pengeluaran.


(gst/gst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA