Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 10 Jul 2012 13:21 WIB

TRAVEL-TIPS

5 Trik Jitu Menyusun Itinerary

Putri Rizqi Hernasari
Redaksi Travel
(dok. Thinkstock)
(dok. Thinkstock)
Jakarta - Asyiknya liburan ditentukan oleh susunan itinerary yang pas. Jangan sampai liburan Anda malah berantakan tanpa rencana yang pasti. Berikut adalah 5 trik menyusun itinerary yang tepat.

Itinerary yang dibuat sebelum melakukan perjalanan sangat menentukan asyik atau tidaknya liburan Anda. Agar traveling berjalan lancar, ikuti 5 trik menyusun itinerary yang dikumpulkan detikTravel, Selasa (10/7/2012):

1. Mendata tempat 'must visit'

Sebelum menyusun jadwal perjalanan, sebaiknya Anda mendata terlebih dahulu lokasi wisata di kota tersebut yang harus dikunjungi. List seluruh tempat hiburan, hingga restoran. Jangan sampai ada yang terlewat. Anda bisa mencarinya di peta wisata kota tersebut atau melalui internet.

2. Lama perjalanan menentukan agenda liburan

Setelah mendata tempat wajib yang harus dikunjungi, selanjutnya adalah menentukan lama perjalanan. Lama perjalanan Anda akan menentukan agenda liburan, mulai dari lokasi hingga banyaknya tempat wisata yang akan dikunjungi.

3. Bagi destinasi dalam beberapa wilayah

Tahap ketiga adalah membagi lokasi wisata berdasarkan kawasan atau wilayah. Ini berguna agar perjalanan bisa lebih efektif. Jadi tidak perlu bolak-balik lokasi hanya karena tidak tahu secara pasti tempat wisata yang berada dalam satu kawasan.

4. Susun urutan destinasi yang benar

Langkah selanjutnya mulai menyusun destinasi dengan benar. Tentukan tempat pertama yang akan dikunjungi. Pastikan lokasi wisata yang akan dikunjungi berada dalam satu wilayah yang sama untuk menghemat waktu dan tenaga. Yang harus diperhatikan, jangan pasang waktu membeli oleh-oleh saat Anda baru tiba di lokasi.

5. Beli oleh-oleh

Nah kalau waktu untuk membeli oleh-oleh bisa diletakkan setelah seluruh susunan perjalanan selesai. Anda bisa menyelipkan agenda belanja oleh-oleh di sela perjalanan yang sekiranya melalui lokasi penjualan suvenir. Atau jika ingin menjadwalkan secara khusus, Anda bisa meletakkannya di satu hari khusus untuk berburu oleh-oleh.

(ptr/sst)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Minum Darah Banteng yang Ngeri

Senin, 21 Agu 2017 18:30 WIB

Tradisi merupakan hal yang dilakukan turun menurun dan kerap kali menantang. DI pedalaman Kenya, seorang pria muda haruslah menikam dan minum darah banteng.