Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Agu 2012 17:25 WIB

TRAVEL-TIPS

6 Tips Jitu Mencari Makanan Halal Saat Traveling

(dok. Thinkstock)
Jakarta - Terkadang turis Muslim kesulitan mencari makanan halal saat traveling di negara yang bukan mayoritas Muslim. Ada sejumlah tips agar kebutuhan mendapatkan makanan halal bisa terpenuhi.

Bagi pelancong Muslim, mendapatkan makanan halal saat traveling sangatlah penting. Sayangnya, hal ini menjadi masalah jika Anda sedang bepergian ke daerah dengan penduduk Muslim yang minoritas.

Eits, tapi jangan terburu sedih dahulu, berikut adalah 6 tips mendapatkan makanan halal saat traveling, yang dikutip dari Crescent Rating, Jumat (3/8/2012):

1. Siapkan makanan ringan sendiri

Sebelum berangkat, ada baiknya Anda membawa makanan ringan yang tentunya halal, untuk dinikmati saat berada di daerah tujuan. Aneka kacang-kacangan, buah, dan sereal juga bisa menjadi pilihan. Jadi, Anda tidak perlu kerepotan mencari makanan jika sulit menemukan rumah makan halal.

2. Bawa alat masak portabel

Perkirakan lama waktu Anda menginap. Jika dirasa cukup lama, yaitu lebih dari 4 hari, tidak ada salahnya untuk membawa alat masak sendiri. Ini bisa digunakan untuk memasak sereal yang telah dibawa, atau pun untuk memasak makanan jika Anda berbelanja di pasar atau supermarket.

3. Cari tahu restoran halal

Hal penting lain yang perlu dilakukan agar mendapatkan makanan halal adalah mencari tahu lokasi-lokasi restoran yang menjual makanan halal. Saat traveling Anda tentu ingin menikmati asyiknya mencicipi makanan di restoran destinasi bukan? Jadi cari tahu lokasi restoran halal yang ada di kawasan tersebut. Browsing di internet adalah salah satu caranya.

4. Datang ke tempat penjualan sayur dan buah

Ada banyak opsi untuk turis Muslim yang ingin mendapatkan makanan halal saat traveling, yaitu dengan datang ke tempat penjualan sayur dan buah. Di sini, Anda bisa menemukan aneka sayuran dan buah yang memang halal dimakan.

5. Hindari membeli makanan dalam kemasan

Jika membeli makanan di supermarket atau pasar, sebaiknya hindari membeli makanan dalam kemasan yang siap dikonsumsi. Pilih saja makanan yang masih segar dan belum diolah, seperti sayuran. Ini karena Anda kurang tahu pasti bahan-bahan digunakan untuk membuat makanan dalam kemasan yang siap konsumsi tersebut, apakah halal atau dilarang.

6. Pilih menu vegetarian dan seafood

Ketika memilih menikmati makanan di restoran, dan kurang yakin dengan halal tidaknya makanan di sana, sebaiknya Anda memesan aneka olahan sayur atau vegetarian dan olahan seafood.

Pilihan lain yang bisa Anda lakukan adalah bertanya langsung kepada pelayan restoran, apakah pengolahannya menggunakan bahan yang dilarang dikonsumsi seperti alkohol atau daging babi. Jika menggunakan alkohol, Anda bisa dengan sopan meminta pelayan untuk tidak menambah alkohol pada makanan. Nah, kalau memang tidak bisa, berarti Anda hanya bisa memilih makanan yang pasti halal saja.

(ptr/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA