Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Jul 2015 10:55 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Wisata Religi di Masjid Agung Demak

Kurnia Yustiana
detikTravel
Masjid Agung Demak di Demak, Jawa Tengah (Kurnia/detikTravel)
Demak - Masjid Agung Demak di Demak, Jawa Tengah memang begitu spesial. Masjid ini konon dibangun langsung oleh sultan Demak dan para Wali Songo. Jika Anda mudik ke Demak atau kebetulan melintasinya dan ingin mampir, sebaiknya simak dulu tips berikut ini:

Wisata religi ke Masjid Agung Demak tentunya terasa menyenangkan. Supaya Anda bisa lebih nyaman ketika berkunjung, apalagi dalam suasana menjelang Lebaran, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Disusun detikTravel, Selasa (14/7/2015) berikut 5 tips berkunjung ke Masjid Agung Demak:

1. Gunakan pakaian sopan

Pada salah satu pintu masjid ada tulisan untuk berpakaian sopan jika ingin masuk. Hal ini tidak mengherankan karena masjid memang tempat ibadah, dimana siapa saja harus menjaga kesopanan. Gunakanlah pakaian yang sepantasnya, jangan mengumbar aurat.

2. Matikan dering ponsel selama di dalam masjid

Masjid Agung Demak hampir setiap hari dikunjungi umat Muslim serta wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan ada juga yang berasal dari luar negeri. Banyak yang ingin beribadah dengan khusyuk di masjid para Wali ini.

Dering ponsel yang cukup kencang ketika ibadah sedang berlangsung, tentunya dapat mengurangi konsentrasi Anda maupun orang di sekitar dalam beribadah. Oleh karena itu matikan deringnya atau non aktifkan saja ponsel untuk sementara.

3. Minta izin dulu sebelum memotret

Bagian dalam masjid agung ini memang begitu indah dan banyak yang tertarik untuk mengambil foto. Ada 4 tiang penyangga atau soko guru legendaris yang dibuat oleh para Wali Songo. Tapi memang ada larangan untuk memotret bagian dalam masjid ini.

Untuk bagian luar masjid, termasuk makam serta museum yang masih dalam satu kompleks, jika Anda ingin memotret sebaiknya izin dulu oleh penjaga masjid. Semua ini dilakukan agar Anda juga bisa lebih nyaman selama di sana.

4. Salat berjamaah di masjid

Bagi yang berasal dari luar kota, tentunya tak bisa setiap hari menikmati bagaaimana rasanya salat berjamaah di Masjid Agung Demak. Datanglah mendekati waktu azan berkumandang dan ikutlah salat berjamaah di masjid para Wali Songo ini.

5. Jelajahi berbagai sisi kompleks masjid

Masjid Agung Demak termasuk salah satu objek wisata religi yang komplit. Di dalam areanya terdapat Museum Masjid Agung Demak serta makam Kesultanan Demak. Setelah beribadah, sebaiknya jangan langsung pulang.

Anda bisa berjalan ke bagian belakang masjid untuk berkunjung ke malam sultan pertama, kedua dan ketiga Kesultanan Demak beserta para abdinya. Sedangkan di sebelah masjid ada museum yang koleksinya berkitan dengan sejarah Masjid Agung Demak.

(krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA