Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Jul 2015 17:10 WIB

TRAVEL-TIPS

Mau Liburan ala Road Trip? Ini Tips Amannya!

Faela Shafa
detikTravel
Ilustrasi (Thinkstock)
Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Salah satu cara paling asyik untuk liburan adalah dengan road trip. Menggunakan mobil pribadi, perjalanan pun bisa jadi liburan itu sendiri. Eits, ini 5 tips aman untuk road trip.

Pesawat memang salah satu moda tercepat untuk mencapai suatu tempat. Namun kadang perjalanannya tak menyisakan memori yang begitu terasa. Beda halnya jika naik kereta atau mobil. Nah, bagi kamu yang ingin road trip, jangan langsung jalan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum dan selama perjalanan roadtrip. Disusun detikTravel, Senin (27/7/2015), inilah 5 tips aman liburan ala road trip:

1. Cek keadaan mobil

Jangan langsung ajak mobil untuk road trip tanpa mengecek mobil lagi. Karena siapa tahu mobil kamu sedang tidak dalam keadaan fit. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah ban, oli, kabel-kabel, hingga aki.

Cek level oli apakah berada di garis aman. Juga, perhatikan apakah ban ada yang bocor atau tidak (termasuk ban cadangan). Kalau perlu, lakukan spooring dan balancing. Aki pun demikian, jika perjalanan cukup jauh, jangan lupa membawa air aki.

Tak ada salahnya mengecek mobil kamu ke bengkel langganan untuk dilihat kesiapannya. Sehingga bisa meminimalisir kemungkinan tidak menyenangkan selama perjalanan.

2. Lengkapi kotak P3K

Di setiap mobil ada kotak P3K. Sayangnya, banyak pemilik yang tidak memerhatikan kotak ini dan bisa mendiamkannya sampai bertahun-tahun.

Saat ingin road trip, pastikan untuk mengecek kotak P3K. Kalau perlu, ganti semua yang ada di situ jika sudah terlalu lama. Lengkapi barang di kotak tersebut. Jadi saat terjadi apa-apa, bisa langung melakukan pertolongan pertama.

3. Perhatikan level bensin

Jika di dalam kota, membiarkan bensin menyusut sampai level terakhir mungkin bukan masalah besar. Itu karena banyak pom bensin yang bisa didatangi di kiri atau kanan jalan.

Ini akan beda ceritanya saat road trip. Yang pasti, jangan pernah membiarkan level bensin berada di garis terakhir. Jika sudah tinggal sisa 2 bar, langsung isi kembali sampai penuh.

Karena kamu tak pernah tahu sejauh apa pom bensin yang selanjutnya.

4. Selalu kunci pintu mobil

Boleh saja meninggalkan mobil di rest area atau tepi jalan yang sepi barang sebentar. Tapi pastikan untuk selalu mengunci mobil. Karena kejahatan selalu mengintai mereka yang lelah.

Jangan sampai menyesal karena tak mengunci pintu dan kehilangan semua barang berharga di dalam mobil. Nah, agar tidak menarik perhatian orang lain saat meninggalkan mobil, selalu simpan tas dan barang berharga di tempat tersembunyi.

5. Jangan lupa perlengkapan senang-senang

Karena road trip identik dengan perjalanan yang jauh dan panjang, jadi pastikan membawa barang-barang yang seru. Bisa mulai dari gadget, buku, hingga permainan yang bisa dimainkan di dalam mobil.

Juga jangan ketinggalan musik yang pas untuk menemani sepanjang perjalanan. Musik yang tepat sangat penting bagi pengemudi terutama jika menyetir saat yang lain sedang tidur. Jika turut mengantuk juga kan jadinya bisa bahaya!

(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED